Kompas.com - 11/02/2021, 12:00 WIB
Kerja sama pendidikan antara Uni Eropa dan ASEAN. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAKerja sama pendidikan antara Uni Eropa dan ASEAN.

KOMPAS.com - ASEAN merupakan organisasi yang bergerak di bidang politik dan ekonomi. Sampai saat ini anggota ASEAN terdiri dari 10 negara Asia Tenggara.

Dirangkum dalam buku ASEAN Selayang Pandang (2008), salah satu masalah besar di ASEAN adalah di bidang pendidikan.

Pendidikan menjadi unsur penting untuk perkembangan sesoerang. Pendidikan juga menjadi salah satu faktor untuk membentuk karakteristik seseorang.

Peningkatan mutu pendidikan sangat dibutuhkan untuk menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN yang terus berkembang. Hal inilah yang kemudian muncul kerja sama di bidang pendidikan.

Indonesia juga mempersiapkan lembaga pendidikan dengan mereformasi sistem pendidikannya.

Baca juga: Julukan Negara-negara ASEAN

Peningakatan mutu pendidikan dilakukan dengan penerimaan pendidik yang berkompeten dan profesional, kesejahteraan pendidik, dan standarisasi pendidikan.

Bentuk kerja sama pendidikan

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, beberapa kerja sama ASEAN di bidang pendidikan, di antaranya:

  1. Penawaran beasiswa pendidikan, seperti Indonesia yang memberikan pendidikan kedokteran, bahasa, dan seni untuk mahasiswa terpilih dari negara-negara ASEAN.
  2. ASEAN Council of Teachers (ACT) sebagai bentuk pertemuan guru-guru dari berbagai negara anggota ASEAN. Dengan adanya ACT pada pendidik berdiskusi dan berbagi ide-ide untuk mengembangkan kemampuan guru dan lingkungan belajar global.
  3. Mengadakan olimpiade regional Asia Tenggara di bidang pendidikan untuk negara-negara anggota ASEAN.
  4. ASEAN-Japan Scholarship Fund, fasilitas beasiswa untuk negara-negara anggota ASEAN belajar di berbagai universitas ASEAN dan Jepang.
  5. Adanya program ASEAN-EU Cooperation and Scholarships Day, di mana memberikan beasiswa kepada negara-negara anggita ASEAN untuk menjalani pendidikan di Eropa khususnya pendidikan tinggi. Pemberian beasiswa ini tidak hanya untuk mahasiswa, melainkan juga tenaga pendidik dari ASEAN.

Baca juga: Prinsip ASEAN


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X