Kompas.com - 28/09/2021, 15:00 WIB
Ilutsrasi contoh saling bergantung dan memengaruhi KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlutsrasi contoh saling bergantung dan memengaruhi

KOMPAS.com - Tiap makhluk hidup tentunya saling bergantung serta saling memengaruhi satu sama lain. Hubungan tersebut sifatnya timbal balik dan hampir terjadi setiap hari.

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata bergantung diartikan sebagai sesuatu hal atau kondisi yang berkaitan pada hal lainnya. Sedangkan kata memengaruhi artinya adalah memberi pengaruh pada suatu hal.

Dalam jurnal Kajian Ekologi Sastra (Ekokritik) dalam Antologi Puisi Merupa Tanah di Ujung Timur Jawa (2018) oleh Nurul Asyifa dan Vera Soraya Putri, disebutkan bahwa antara manusia dan sesamanya, manusia dengan alam, serta alam dan lingkungan, terjadi hubungan timbal balik yang sifatnya saling bergantung dan memengaruhi.

Artinya manusia bergantung pada sesama manusia, alam, dan lingkungan. Tidak hanya bergantung, aktivitas yang dilakukan manusia juga memengaruhi manusia, alam, dan lingkungan sekitarnya.

Maksud ‘saling bergantung dan memengaruhi’

Istilah ‘saling bergantung dan saling memengaruhi’ bisa diartikan sebagai hubungan yang saling membutuhkan satu sama lain. Artinya manusia membutuhkan manusia lainnya, membutuhkan alam, dan juga lingkungan.

Baca juga: Makna Pernyataan Keragaman Sosial Budaya Menjadi Modal Pembangunan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hubungan yang sifatnya saling membutuhkan ini terus terjadi setiap hari. Jika salah satunya menghilang atau bermasalah, akan berpengaruh pada hal lainnya.

Berikut contoh ‘saling bergantung dan saling memengaruhi’ dalam kehidupan sehari-hari:

  • Manusia membutuhkan petani untuk bisa mendapat beras. Petani juga membutuhkan sapi atau traktor untuk bisa membajak sawah.
  • Manusia membutuhkan penjahit agar bisa memakai pakaian. Penjahit juga membutuhkan penjual kain, benang, dan jarum.
  • Manusia mengolah sumber daya alam untuk bisa dimanfaatkan. Sumber daya alam juga perlu dirawat dan dilestarikan.
  • Manusia membutuhkan tumbuhan agar bisa menghirup oksigen atau udara bersih. Tumbuhan juga memerlukan manusia agar bisa disirami dan dirawat.
  • Manusia membutuhkan kendaraan untuk berpindah tempat. Kendaraan juga memerlukan manusia untuk dipergunakan dan dirawat sebagaimana mestinya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.