Kompas.com - 28/09/2021, 16:00 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo mendampingi dan menjelaskan kepada tamu penenunan batik Jawa Tengah, di acara pameran produk-produk UMKM Jateng yang diberi nama ?Gayeng Expo? dan digelar di Suntec City, Singapura, pada 16 April hingga 23 Mei 2021. KBRI SINGAPURADuta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo mendampingi dan menjelaskan kepada tamu penenunan batik Jawa Tengah, di acara pameran produk-produk UMKM Jateng yang diberi nama ?Gayeng Expo? dan digelar di Suntec City, Singapura, pada 16 April hingga 23 Mei 2021.

KOMPAS.com - Pemerintah dan masyarakat telah melakukan berbagai upaya untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional. Tujuannya agar batik Indonesia semakin dikenal, populer, dan dapat dilestarikan.

Menurut Muhaimi Mughni Prayogo dalam buku Keterampilan Membatik bagi Penyandang Autis (2015), batik adalah kain yang diberi hiasan motif dengan corak khas dengan memakai canting dan lilin malam.

Upaya mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional

Upaya mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional akan membawa dampak positif, baik untuk pemerintah, masyarakat, atau pengusaha batik. Upaya tersebut tentunya dilakukan secara berkelanjutan atau terus menerus.

Apa upaya yang telah dilakukan untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional Berikut ini beberapa upaya mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional:

  • Pameran batik

Dikutip dari buku Pendidikan Sosial dan Budaya: Sebuah Tinjauan di Kabupaten Lamongan (2021) karya Fathurrahman dan kawan-kawan, pameran adalah kegiatan promosi produk atau jasa, dilakukan oleh organisasi, penjual, atau kelompok lainnya.

Upaya pertama yang sering dilakukan untuk mengenalkan batik Indonesia adalah lewat pameran. Kegiatan promosi ini sering dilaksanakan oleh kementerian di Indonesia, pengusaha batik, atau pihak lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 10 Motif Batik Daerah dan Filosofinya

  • Mengenakan busana batik dalam acara internasional

Dalam beberapa kesempatan, Pemerintah Indonesia atau perwakilannya sering mengenakan batik di acara internasional. Sering memakai batik di acara luar negeri juga turut membantu pengenalan batik Indonesia.

  • Mengenalkan batik lewat media sosial

Selain dua cara di atas, media sosial juga dapat dijadikan sarana untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional. Contohnya dengan memberi informasi singkat seputar batik melalui website atau media sosial Twitter, Instagram, atau Youtube.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.