Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Teks Ceramah dan Tujuannya

Kompas.com - 30/08/2023, 04:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

Sumber KBBI

KOMPAS.com - Ceramah identik dengan suatu kegiatan berbicara atau berkomunikasi di depan banyak orang, dengan tujuan untuk menyampaikan suatu gagasan.

Namun, ceramah tidak hanya dilakukan melalui penyampaian lisan saja. Ceramah juga dapat dituangkan dalam bentuk tulisan, sehingga dapat dikatakan sebagai teks ceramah.

Berikut penjelasan mengenai teks ceramah beserta jenis beserta tujuannya.

Apa itu teks ceramah?

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ceramah merupakan pidato yang disampaikan oleh seseorang di hadapan khalayak ramai, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya.

Berdasarkan definisi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa teks ceramah adalah suatu teks atau naskah yang memuat tentang informasi, gagasan, pengetahuan, suatu hal dan sebagainya, yang disampaikan kepada pendengarnya.

Baca juga: Pengertian Teks Ceramah

5 Jenis teks ceramah dan tujuannya

Teks ceramah berbeda-beda jenisnya sesuai dengan bentuk dan tujuannya. Adapun jenis-jenis teks ceramah berdasarkan tujuannya antara lain:

Teks ceramah persuasif

Teks ceramah persuasif merupakan jenis ceramah yang bertujuan untuk memberikan pengaruh atau ajakan kepada pendengarnya, agar mempercayai, menyetujui, atau bahkan mengikuti ajakan pembicara. 

Secara umum, teks ceramah jenis ini memiliki analisis yang mendalam dan isinya berdasarkan hasil penelitian atau teori yang relevan. Misalnya, ceramah tentang cara-cara hidup sehat dan menjaga kesehatan lingkungan.

Baca juga: Contoh Teks Ceramah Singkat tentang Kesehatan

Teks ceramah informatif

Teks ceramah informatif adalah ceramah yang bertujuan untuk memberi informasi kepada pendengar mengenai suatu hal, sehingga pendengar dapat memahami atau mengerti isi informasi dengan jelas dan benar. 

Biasanya teks jenis ini menggunakan bahasa ragam formal dan obyektif dengan pemaparan informasi secara rinci.

Teks ceramah naratif

Teks ceramah naratif merupakan ceramah yang bertujuan untuk menceritakan tentang suatu hal kepada pendengar.

Biasanya, isi dari ceramah naratif memuat tentang suatu peristiwa atau kisah sehingga jenis ceramah ini memiliki unsur imajinatif bagi pendengarnya.

Ceramah naratif seringkali dijadikan sebagai metode dalam menyampaikan suatu pesan moral kepada pendengarnya.

Baca juga: Contoh Teks Ceramah Singkat

Teks ceramah reaktif

Teks ceramah reaktif merupakan jenis ceramah yang bersifat menghibur pendengar sehingga pendengar akan tertawa dan merasa terhibur. 

Karena itu, ceramah ini banyak diwarnai oleh humor, anekdot, ataupun guyonan-guyonan yang memancing tawa pendengar, misalnya seperti Stand Up Comedy.

Teks ceramah argumentatif

Teks ceramah argumentatif adalah teks ceramah yang bertujuan untuk meyakinkan pendengarnya mengenai suatu argumen yang disampaikan.

Secara umum teks jenis ini berisi bukti atau alasan yang dapat menguatkan argumen-argumen yang disampaikan.

Baca juga: Jenis-jenis Informasi dalam Teks Ceramah

 

Referensi:

  • Sari L.K., Siddik M., Mulawarman W.G. 2019. Pengembangan Pembelajaran Menulis Teks Ceramah dengan Model Problem Based Learning Dipadukan Gambar Pada Siswa Kelas XI SMA. Diglosia. 2(1), 59-72.
  • Putri M., Septiana I., dan Budiawan R.Y.S. 2021. Kesalahan Morfologis pada Teks Ceramah Peserta Didik Kelas XI SMA. Jurnal Kualitas Pendidikan. 2(2), 136-143.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com