Contoh Teks Ceramah Singkat tentang Kesehatan

Kompas.com - 21/11/2020, 17:30 WIB
Ilustrasi contoh teks ceramah singkat tentang kesehatan. KOMPAS.com/ARUM SUTRISNI PUTRIIlustrasi contoh teks ceramah singkat tentang kesehatan.

KOMPAS.com - Ceramah adalah pidato di hadapan khalayak dengan membahas suatu hal. Berikut contoh teks ceramah singkat tentang kesehatan:

Ceramah biasa dikenal juga dengan sebutan pidato. Ceramah disampaikan di hadapan publik dengan bahasa yang santun serta dapat diterima oleh khalayak.

Arif Yosodipuro dalam Pintar Pidato: Kiat Menjadi Orator Hebat (2020) berpendapat, semakin baik bahasa yang digunakan, mencakupi susunan kalimat, frasa, dan gaya bahasa dalam pidato akan semakin mudah dimengerti dan dipahami oleh hadirin.

Tema ceramah bisa berupa apa saja. Salah satu topik penting sepanjang masa yang bermanfaat bagi kita adalah mengenai kesehatan.

Baca juga: Contoh Teks Ceramah Singkat

Contoh 1

Salam hangat untuk hadirin sekalian. Terima kasih untuk waktu dan tempat yang diberikan kepada saya. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan, karena rahmatNya kita semua bisa berjumpa kembali.

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan beberapa hal mengenai air putih. Nampaknya sepele memang, tetapi air putih sangat penting dan dibutuhkan tubuh. Selain menghilangkan rasa dahaga, air putih dapat memperlancar metabolisme dalam tubuh. Ia juga dapat menetralkan zat-zat yang kurang menguntungkan bagi tubuh.

Institute of Medicine's Food and Nutrition Board menganjurkan konsumsi air putih idealnya sebanyak 2,7 liter per hari bagi perempuan. Sementara, 3,7 liter air putih per hari bagi laki-laki.

Berbagai penyakit akan mudah menghampiri tubuh bila kita kekurangan air putih. Maka, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan air putih harian kita. Jangan sampai dehidrasi dan kekurangan cairan. Ayo jaga kesehatan dengan mengkonsumsi air putih secara teratur.

Hidup sehat membuat kita lebih bahagia. Ayo jaga kesehatan. Sekian dari saya. Akhir kata, salam sejahtera.

Baca juga: Contoh Teks Ceramah Singkat tentang Narkoba

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X