Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Kemudahan Transaksi dan Indikatornya

Kompas.com - 29/08/2023, 16:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kemudahan diartikan sebagai sesuatu yang dapat mempermudah dan memperlancar usaha, demi melaksanakan rencana harus dipertimbangkan kesulitannya. 

Pengertian kemudahan transaksi

Beberapa pengertian kemudahan transaksi adalah

  • Menurut Davis Prasetyo

Persepsi kemudahan merupakan persepsi seseorang yang tidak direpotkan dengan berbagai kegiatan lain dalam melakukan transaksi.

Kemudahan penggunaan juga mengandung arti bahwa teknologi informasi memiliki kemampuan untuk mengurangi usaha seseorang baik waktu, tenaga maupun biaya untuk mempelajari atau menggunakannya secara bersamaan.

Karena pada dasarnya masyarakat percaya bahwa teknologi informasi mudah dipahami dan tidak mempersulit penggunanya dalam melakukan pekerjaan. 

Baca juga: Mengenal Transaksi Keuangan Mencurigakan

  • Menurut Jogiyanto

Dilansir dari bukunya, Teori Portofolio dan Analisis Investasi (2016), kemudahan penggunaan didefinisikan sebagai sejauh mana seseorang percaya bahwa menggunakan suatu teknologi akan bebas dari usaha. Demikian, persepsi mengenai kemudahan pengguna teknologi informasi yang digunakan tidak dibutuhkan usaha yang besar pada saat penggunaannya.

  • Menurut Trinawari 

Dilansir dari buku Akuntansi dan Bisnis (2020) oleh Isnawati, kemudahan transaksi online merupakan proses pemesanan yang mudah, proses pembayaran yang beragam dan mudah diselesaikan, proses pembelian yang menguntungkan dan nyaman, dan proses pengiriman barang yang cepat dan akurat.

Dapat disimpulkan, pengertian kemudahan transaksi adalah kemudahan bertransaksi dalam penggunaannya harus mudah digunakan, mudah dipahami, memiliki banyak pilihan metode pembayaran dan pengiriman barang serta memberikan rasa nyaman dan aman pada konsumen.

Baca juga: 2 Macam Bukti Transaksi: Internal dan Eksternal

Indikator kemudahan transaksi

Menurut Venkatesh dan Davis berdasarkan jurnalnya A Theoretical Extension of the Technology - Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies. Management Science (2000), indikator kemudahan transaksi, sebagai berikut:

  • Clear and understandable, interaksi individu dengan sistem jelas dan mudah dimengerti
  • Does not require a lot of mental effort, tidak dibutuhkan banyak usaha untuk berinteraksi dengan sistem tersebut
  • Easy to use, sistem mudah digunakan
  • Easy to get the system to do what he/she wants to do, mudah mengoperasikan sistem sesuai dengan apa yang ingin individu kerjakan.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com