Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Sifat Kepramukaan Berdasarkan AD dan ART

Kompas.com - 10/08/2023, 20:00 WIB
Retia Kartika Dewi,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gerakan pramuka adalah wadah pembinaan dan pengembangan bagi anggota pramuka siaga, penggalang, pandega, pembina, pelatih, majelis pembimbing, andalan yang berdasarkan sistem pamong.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan pramuka memiliki sifat-sifat yang sesuai dalam Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART).

Berikut sifat kepramukaan berdasarkan AD/ART:

Baca juga: Makna Pramuka Bersifat Internasional, Apa Itu?

Sifat Kepramukaan

Dilansir dari buku Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar (2023) oleh Mohamad Syarif Sumantri, ada beberapa sifat kepramukaan berdasarkan AD/ART, yakni:

  • Gerakan pramuka adalah organisasi pendidikan yang keanggotaannya bersifat sukarela, mandiri, tidak membedakan suku, ras, golongan, dan agama.
  • Gerakan pramuka bukan organisasi sosial-politik, bukan bagian dari salah satu organisasi sosial-politik dan tidak menjalankan kegiatan politik praktis.
  • Gerakan pramuka menjamin kemerdekaan tiap-tiap anggotanya untuk memeluk agama dan kepercayaan masing-masing serta beribadat menurut agama dan kepercayaan itu.

Baca juga: Apa Tanda Pengenal yang Dikenakan Pembina Gugus Depan dalam Gerakan Pramuka? Ini Jawabannya ....

Arti AD/ART Gerakan Pramuka

Berdasarkan buku Wawasan Kepramukaan (2020) oleh Khaerul Anam, arti adanya AD/ART Gerakan Pramuka adalah untuk dijadikan pegangan dan landangan gerak kegiatan setiap anggota gerakan pramuka, kwartir, dan satuan pramuka.

Tujuan adanya AD/ART Gerakan Pramuka merupakan petunjuk penyelenggaraan untuk mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan gerakan pramuka.

Adapun uraian-uraian dalam Anggaran Dasar bersifat umum dan pokok.

Baca juga: Mengenal Maksud Dewan Ambalan pada Gerakan Pramuka

Anggaran Dasar gerakan pramuka dibuat dan disahkan oleh musyawarah nasional gerakan pramuka sebagai pemegang kekuasaan tertinggi gerakan pramuka.

Sementara, Anggaran Rumah Tangga gerakan pramuka ditetapkan oleh musyawarah nasional gerakan pramuka, dan tidak boleh bertentangan dengan Anggaran Dasar.

Petunjuk-petunjuk penyelenggaraan gerakan pramuka itu harus ditaati, dihayato, oleh setiap anggota pramuka.

Itulah penjelasan mengenai 3 sifat kepramukaan berdasarkan AD/ART.

Baca juga: Berapa Usia Anggota Penegak Pramuka? Ini Penjelasannya ....

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com