Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna Pramuka Bersifat Internasional, Apa Itu?

Kompas.com - 24/07/2023, 20:30 WIB
Retia Kartika Dewi,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengapa gerakan pramuka bersifat internasional?

Dikutip dari buku Panduan Wajib Pramuka Superlengkap (2022) oleh Jaenudin Yusup dan Tini Rustini, pramuka bersifat internasional berarti bahwa organisasi kepanduan di negara mana pun di dunia ini harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan, tanpa membedakan kepercayaan/agama, golongan, tingkat, suku, dan bangsa.

Menurut buku Wawasan Kepramukaan (2020) oleh Khaerul Anam, makna lain dari pramuka bersifat internasional adalah pramuka bersifat nonpolitik.

Sehingga kita diminta netral terhadap bangsa lain dan saling menjaga perdamaian dan persahabatan yang selalu terjalin melalui kegiatan jambore internasional di tiap negara dengan delegasi masing-masing peserta didik untuk menumbuhkembangkan persatuan dunia melalui gerakan pramuka.

Baca juga: Apa Tanda Pengenal yang Dikenakan Pembina Gugus Depan dalam Gerakan Pramuka? Ini Jawabannya ....

Sifat-sifat pramuka

Selain bersifat internasional, pramuka juga memiliki sifat nasional dan universal.

Hal ini berdasarkan resolusi Konferensi Kepanduan Sedunia tahun 1924 di Kopenhagen, Denmark.

Berikut penjelasan pramuka bersifat nasional dan universal:

Sifat nasional

Pramuka bersifat nasional yang berarti suatu organisasi yang menyelenggarakan kepanduan di suatu negara haruslah menyesuaikan pendidikannya itu dengan  keadaan setempat.

Inilah yang menyebabkan pelaksanaan pendidikan kepramukaan terkadang berbeda pada suatu daerah dengan daerah lainnya dan suatu negara dengan negara lainnya

Dalam sifatnya sebagai nasional, penyelenggaraan pendidikan kepramukaan harus selaras dengan kebutuhan di lingkungan masyarakat setempat sehingga terwujudnya pramuka yang bermanfaat untuk orang banyak.

Baca juga: Mengenal Maksud Dewan Ambalan pada Gerakan Pramuka

Sifat universal

Pramuka bersifat universal yang berarti bahwa kepanduan dapat digunakan di mana saja untuk mendidik anak-anak dari bangsa apa saja, yang dalam pelaksanaan pendidikannya selalu menggunakan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.

Dalam sifatnya yang universal, prinsip dasar kepramukaan mewajibkan setiap anggota dapat memahami dan menyebarluaskan kebaikan tanpa memandang warna kulit.

Selain itu, dalam dasa dharma disebutkan berani dan tidak putus asa, bertanggung jawab dan dapat dipercaya dalam menjalankan kewajiban terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia dan rela berkorban.

Baca juga: Berapa Usia Anggota Penegak Pramuka? Ini Penjelasannya ....

Sifat kepramukaan lain

Dilansir dari buku Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar (2023) oleh Mohamad Syarif Sumantri, ada beberapa sifat kepramukaan berdasarkan AD dan ART, yakni:

  • Gerakan pramuka adalah organisasi pendidikan yang keanggotaannya bersifat sukarela, mandiri, tidak membedakan suku, ras, golongan, dan agama
  • Gerakan pramuka bukan organisasi sosial-politik, dan tikda menjalankan kegiatan politik praktis
  • Gerakan pramuka menjamin kemerdekaan tiap-tiap anggotanya untuk memeluk agamadan kepercayaan masing-masing serta beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu

Itulah penjelasan mengenai makna pramuka bersifat internasional, dan pramuka bersifat nasional, serta pramuka bersifat universal.

Baca juga: Makna, Gambar, dan Lambang Gerakan Pramuka Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com