Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Hewan Invertebrata Tanah

Kompas.com - 21/06/2023, 18:30 WIB
Desi Selvia Ningrum,
Silmi Nurul Utami

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hewan invertebrata tanah merupakan sekelompok hewan yang tidak memiliki tulang belakang dan hidup di tanah.

Terdapat berbagai jenis dan ukuran hewan invertebrata yang hidup di tanah, seperti:

Protozoa

Protozoa termasuk kelompok hewan berukuran mikro. Ukuran protazoa bervariasi dengan panjang kurang 0,1 mm. 

Protazoa ditemukan dalam semua jenis tanah dalam jumlah yang besar, yaitu sekitar 10.000-1.000.000 individu per gram massa tanah.

Terdapat kurang lebih 1600 spesies protazoa yang ditemukan hidup di dalam tanah, dan setiap tahun protazoa menghasilkan beberapa generasi.

Baca juga: Organisme Tanah yang Berperan sebagai Detritivor

Cacing nematoda (phylum nematoda

Cacing nematoda (phylum nematoda) termasuk kelompok meso-fauna. Kelompok ini merupakan hewan invertebrata tanah yang memiliki ukuran panjang antara 0,1 dan 2 mm.

Nematoda berukuran sangat kecil dan berada dalam jumlah paling banyak di tanah diantara hewan-hewan bersel banyak. 

Beberapa jenis nematoda hidup dalam tanah berbentuk bebas. Nematoda yang hidup bebas sangat bermanfaat sebagai regulator populasi mikroba di dalam tanah.

Mikroarthropoda 

Mikroarthropoda termasuk kelompok mesofauna. Mikroarthropoda adalah artropoda yang berukuran sangat kecil, bertubuh keras dan panjangnya 1-2 mm. 

Mikroarthropoda dapat hidup di dalam permukaan tanah pada serasah dan vegetasi, namun paling banyak  yang hidup dalam tanah.

Cacing tanah (makro fauna)

Cacing tanah termasuk dalam (phylum annelida ordo oligochaeta). Cacing tanah memiliki tubuh yang lembut dan berbentuk silinder, namun berbeda dengan nematoda.

Cacing tanah berukuran besar dan tubuhnya memiliki segmen. Spesies cacing tanah yang berbeda menempati bagian profil tanah  yang berbeda pula.

Ada yang membangun rumah di lapisan topsil, sedangkan yang lainnya hidup pada lapisan subsoil dan ada juga yang hidup dalam sisa-sisa bahan organik yang ada di permukaan tanah.

Milleped

Milleped termasuk (phylum arthropoda, subphylum uniramia, kelas diplopoda). Milleped dapat menggulung seperti spiral dan hanya kerangka kerasnya yang tampak.

Hal tersebut bertujuan agar mejaga kelembapan tubuhnya ketika berada dalam keadaan kering dan melindungi dari serangan predator.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com