Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tulang Pergelangan Kaki: Bagian dan Jenis-jenisnya

Kompas.com - 30/03/2023, 21:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jmabi

 

KOMPAS.com Peran tulang pergelangan kaki sangatlah vital dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan adanya tulang ini, kita dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berjalan, berlari, dan bergerak dengan leluasa yang melibatkan gerakan kaki.

Selain itu, kaki juga memiliki fungsi untuk membantu kita menyelesaikan tugas dengan cepat, menopang tubuh, serta melindungi kita dari risiko bahaya.

Baca juga: Kelainan Bentuk Kaki pada Manusia

Bagian pergelangan kaki

Beberapa bagian pergelangan kaki, sebagai berikut:

  • Hindfoot (kaki belakang)

Bagian ini terdiri dari talus dan calcaneus, dua dari tujuh tulang tarsal. Artikulasi talus dan calcaneus disebut sebagai sendi subtalar yang memiliki 3 faset pada masing-masing bagian.

  • Midfoot (kaki tengah)

Bagian ini terdiri dari lima tulang tarsal, yaitu navicular, cuboid, medial, middle, dan lateral cuneiform Persimpangan antara kaki belakang dan kaki tengah disebut sendi Chopard yang meliputi talonavicular dan calcaneocuboid.

  • Forefoot (kaki depan)

Bagian ini terdiri dari tulang metatarsal, phalanges (jari kaki) dan sesamoid. Setiap jari selain jempol memiliki metatarsal dan tuga phalanges.

Jempol kaki hanya memiliki dua phalanges. Artikulasi kaki bagian tengah dan kaki depan membentuk sendi Lisfranc.

Baca juga: Gerakan Kaki dalam Olahraga Jalan Kaki

Jenis tulang yang menyusun pergelangan kaki

Pergelangan kaki diselimuti juga dengan kapsul dan cairan sendi agar tidak terjadi gesekan antar tulang. Pada pergelangan kaki ada terdapat tiga bagian tulang, yaitu:

  • Tibia atau tulang kering

Tulang ini juga bisa disebut dengan tulang dalam. Tulang ini merupakan tulang panjang dan besar yang menghubungkan pergelangan kaki itu sendiri dengan sendi lutut.

Fungsi tulang pergelangan kaki ini untuk mendistribusikan dan menerima berat badan yang dirasakan oleh lutut dan pergelangan kaki.

Tulang ini juga bisa disebut sebagai tulang terbesar kedua yang dimiliki oleh tubuh. Tibia memiliki fungsi lainnya yang berkolaborasi dengan tulang fibula dalam menciptakan selungkup yang stabil untuk sendi yang bernama talocrural.

  • Fibula atau tulang betis

Tulang fibula atau tulang betis yang terletak di sisi luar kaki adalah tulang panjang dan ramping yang melekat di bawah dan sebelah tulang tibia atau tulang kering.

Meskipun tulang ini tidak menanggung beban tubuh yang banyak, namun memiliki peran penting lainnya seperti memberikan stabilitas pada kaki bagian bawah dan juga berfungsi sebagai tulang pengikat untuk meningkatkan jangkauan gerakan pergelangan kaki.

Tulang panjang yang satu ini diketahui sebagai tulang paling tipis dari seluruh tulang panjang yang terdapat pada tubuh manusia.

  • Talus sebagai dasarnya

Talus adalah tulang yang berada di bagian atas kaki dan sering juga disebut sebagai tulang pergelangan kaki.

Fungsi tulang pergelangan kaki tersebut adalah sebagai alas untuk tulang tibia yang sedang menahan berat tubuh. Talus merupakan salah satu tulang pendek utama pada pergelangan kaki.

Baca juga: Analisis Gerak Ritmik Langkah Kaki

 

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com