Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Tumbuhan dari Suku Papilonaceae

Kompas.com - 06/02/2023, 17:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comPapilonaceae adalah salah satu dari tiga suku keluarga tumbuhan polong-polongan atau Fabaceae. Apa saja ciri tumbuhan dari suku Papilonaceae? Berikut adalah ciri-ciri tumbuhan suku Papilonaceae beserta penjelasannya!

  • Bunga berbentuk kupu-kupu
  • Sistem tumbuhan
  • Hemafrodit
  • Memiliki nodul bakteri
  • Memiliki buah polong

Baca juga: Klasifikasi dan Contoh Tumbuhan Dikotil

Bunga berbentuk kupu-kupu

Menurut Asa Gray dalam Gray’s Lessons in Botany and Vegetable Physiology Vision (1880), tumbuhan suku Papilonaceae memiliki bunga dengan bentuk aneh yang mirip dengan kupu-kupu.

Tumbuhan dari suku Papilonaceae memiliki bunga dengan lima mahkota. Di mana bunganya memiliki satu kelopak besar di tengah dan dua pasang kelopak pada dua sisi yang menyerupai dengan bentuk kupu-kupu.

Adapun, bunga tumbuhan dari suku Papilonaceae memiliki warna yang indah dan mencolok.

Baca juga: Mengenal Bagian-bagian pada Bunga

Sistem tumbuhan

Dilansir dari Biology Discussion, tumbuhan dari suku Papilonaceae memiliki sistem tumbuhan perdu, herba, ataupun pemanjat dan sangat jarang dalam bentuk pohon.

Perdu adalah tumbuhan berkali yang tidak tumbuh tinggi dan tidak memiliki batang tegak. Perdu memiliki batang yang bercabang-cabang dan tumbuh rendah dekat dengan permukaan tanah.

Sedangkan, herba adalah tumbuhan tidak berkayu dengan batang yang tegak ke atas. Karena tidak berkayu, herba umumnya memiliki batang yang lunak dan berair.

Adapun, tumbuhan dari suku Papilonaceae juga dapat berbentuk tumbuhan yang membentuk pohon dengan melilit benda ataupun pohon lain.

Baca juga: Mengapa Tumbuhan Perlu Menyebarkan Bijinya?

Hemafrodit

Ciri tumbuhan dari suku Papilonaceae selanjutnya adalah hemafrodit. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, hemafrodit adalah kondisi tumbuhan yang memiliki organ reproduksi jantan dan betina.

Artinya, tumbuhan dari suku Papilonaceae dapat melakukan penyerbukan sendiri.

Memiliki nodul bakteri

Ciri tumbuhan dari suku Papilonaceae selanjutnya adalah memiliki nodul bakteri pada akarnya. Nodul bakteri tersebut adalah bakteri Rhizobium radicula yang membantu pengikatan unsur nitrogen dari dalam tanah.

Baca juga: Mengapa Tumbuhan Sangat Membutuhkan Nitrogen?

Memiliki buah polong

Karena termasuk keluarga polong-polongan, tumbuhan dari suku Papilonaceae memiliki buah berbentuk polong. Yaitu, buah berupa kacang yang memiliki cangkang dan berisi biji.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com