Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Tumbuhan Perlu Menyebarkan Bijinya?

Kompas.com - 28/12/2022, 18:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Tumbuhan menyebarkan bijinya melalui berbagai cara, misalnya dengan bantuan angin, serangga, bahkan meledakkan bijinya sendiri. Namun, tahukah kamu mengapa tumbuhan perlu menyebarkan bijinya?

Tumbuhan perlu menyebarkan bijinya karena menghindari persaingan, meningkatkan kelangsungan hidup spesies, restorasi hutan, dan menyebarkan manfaatnya.

Menghindari persaingan

Dilansir dari Scientific American, jika tumbuhan tumbuh terlalu berdekatan, maka mereka akan bersaing mendapatkan cahaya, air, dan nutrisi dari tanah.

Tumbuhan yang tidak dapat bersaing akan kehilangan sumber daya dan beberapa tumbuhan lain tidak dapat tumbuh optimal dalam lingkungan yang penuh sesak.

Baca juga: Bagaimana Tumbuhan Menyebarkan Bijinya?

Untuk menghindari persaingan sumber daya yang sama tersebut, tumbuhan perlu menyebarkan bijinya.

Sehingga, tumbuhan dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal dari sumber daya yang lain.

Meningkatkan kelangsungan hidup spesies

Dilansir dari K12 LibreTexts, biji harus disebarkan ke berbagai arah untuk meningkatkan peluang biji menemukan kondisi yang tepat untuk tumbuh.

Artinya, tumbuhan perlu menyebarkan bijinya untuk meningkatkan kelangsungan hidup spesiesnya.

Baca juga: Entomokori: Pengertian dan Contohnya

Biji yang tersebar jauh dari induknya lalu tumbuh di tempat lain dapat terhindarkan dari penyakit yang dapat ditularkan oleh induknya.

Selain itu, tumbuhan baru tersebut juga dapat terhindar dari herbivora yang memakan tumbuhan di tempat induknya berasal.

Selain menghindari penyakit dan juga herbivora, keberadaan tumbuhan baru di tempat lain akibat penyebaran biji dapat memastikan keberadaan spesies di bumi.

Bayangkan, jika tumbuhan tidak dapat menyebarkan bijinya dan hanya tumbuh di suatu tempat tertentu.

Saat tempat tersebut rusak baik karena bencana alam ataupun ulah manusia, spesies tumbuhan tersebut dapat ikut musnah.

Baca juga: Peran Tumbuhan dalam Proses Transfer Energi di Suatu Ekosistem

Namun, dengan adanya penyebaran biji walaupun suatu tempat rusak, spesies tumbuhan tersebut masih dapat ditemukan di tempat lain.

Restorasi hutan

Dilansir dari Treehugger, penyebaran biji tumbuhan penting bagi restorasi hutan. Hal tersebut dikarenakan hutan ditebang dan jumlahnya menurun secara terus-menerus.

Namun, penyebaran benih merestorasi hutan secara alami. Di mana saat suatu hutan hancur, biji-biji tanaman induk yang tersebar dapat membentuk hutan yang baru di tempat lain.

Menyebarkan manfaatnya

Alasan terakhir mengapa tumbuhan perlu menyebarkan bijinya adalah untuk menyebarkan manfaatnya bagi manusia dan hewan lain.

Baca juga: Manfaat Tumbuhan bagi Manusia dan Lingkungan

Tumbuhan menyebarkan bijinya ke berbagai tempat di belahan bumi. Hal tersebut memungkinkan manusia dan hewan dapat menerima manfaat tumbuhan dengan lebih luas, tidak tertentu di satu tempat saja.

Tanpa adanya penyebaran biji, manusia dan hewan dapat kesulitan mendapatkan sayuran, buah-buahan, bahan bangunan, dan juga tanaman obat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com