Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urea: Pengertian, Rumus Kimia, Pembuatan dan Kegunaannya

Kompas.com - 06/12/2022, 09:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comUrea adalah salah satu senyawa kimia yang dapat dengan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Apakah rumus kimia urea dan kegunaan urea bagi kehidupan? Berikut adalah penjelasan tentang urea!

Pengertian urea

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, urea adalah senyawa nitrogen yang mengandung gugus karbonil dengan dua gugu amina yang terikat pada karbon C.

Urea merupakan senyawa organik yang larut dalam air, tidak berwarna atau berupa butiran putih, tidak berbau, tidak mudah terbakar, dan juga tidak beracun.

Baca juga: Contoh Soal Pasangan Rumus Kimia dan Nama Senyawanya

Rumus kimia urea

Satu molekul urea terbentuk dari unsur karbon (C), empat karbon hidrogen (H), dua atom nitrogen (N), dan juga satu atom oksigen (O).

Sehingga, rumus kimia urea adalah CH4N2O atau (NH2)2CO. Urea memiliki nama lain karbamid dan diamida dari asam karbonat.

Struktur ureapubchem.ncbi.nlm.nih.gov Struktur urea

Pembuatan urea

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, urea dibuat dalam hati manusia, mamalia, juga beberapa jenis ikan dan dibuang melalui urine. Tidak hanya dalam urine, urea juga terdapat dalam keringat, darah, empedu, dan air susu mamalia.

Baca juga: Mekanisme Pengeluaran Keringat

Namun, tidak hanya diproduksi secara alami dalam tubuh, urea juga dapat diproduksi secara industri dalam skala besar.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, urea dibuat dari amonia cair (NH3) dan karbon dioksida cair (CO2) yang digabungkan dalam tekanan dan suhu tinggi.

Reaksi tersebut menghasilkan ammonium karbamat (NH2COONH4) yang kemudian dimasukkan diturunkan tekannya, sehingga terurai menjadi urea dan air.  

Baca juga: Mengapa Penggunaan Pupuk Kimia dapat Memicu Pemanasan Global?

Kegunaan urea

Urea digunakan sebagai pupuk tanaman karena mengandung unsur nitrogen yang sangat diperlukan oleh tumbuhan.

Urea juga digunakan suplemen pakan ternak, pembuatan berbagai jenis plastik, sabun, melamin, berbagai jenis obat-obatan, bahan perekat, dan juga bahan peledak.

Dalam industri kimia, urea juga merupakan reagen penting dan bahan baku pembuatan senyawa kimia lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com