Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkalian Matriks

Kompas.com - 06/12/2022, 07:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comMatriks adalah kelompok bilangan yang disusun dalam bentuk persegi yang terdiri dari kolom dan baris. Matriks dapat mengalami operasi aljabar, termasuk perkalian. Bagaimana cara mengalikan matriks? Berikut adalah penjelasan tentang perkalian matriks!

Perkalian matriks dengan bilangan skalar

Matriks dapat dikalikan dengan bilangan skalar atau bilangan real. Perkalian matriks dengan bilangan skalar adalah yang paling sederhana.

Di mana kita tinggal mengalikan setiap elemen dalam matriks dengan bilangan skalarnya. Perkalian matriks dengan bilangan skalar dapat dirumuskan sebagai:

Baca juga: Jenis-jenis Matriks Beserta Contohnya

Perkalian matriks dengan matriks

Selain dengan bilangan skalar, matriks dapat dikalikan dengan sesama matriks. Perkalian antar matriks lebih rumit daripada menyelesaikan perkalian matriks dengan bilangan skalar.

Perkalian matriks akan menghasilkan matriks. Dilansir dari Cuemath, perkalia matriks hanya dapat dilakukan jika jumlah kolom di suatu matriks sama dengan jumlah baris pada matriks lainnya yang akan dikalikan.

Misalnya, suatu matriks memiliki 2 kolom. Maka, matriks tersebut hanya bisa dikalikan dengan matriks lain yang memiliki 2 baris. Perkalian matriks dilakukan dengan mengalikan setiap elemen kedua matriks.

Dilansir dari Math is Fun, elemen pada kolom 1 matriks pertama akan dikalikan dengan elemen pada baris 1 matriks kedua. Sehingga, rumus perkalian matriksnya menjadi:

Baca juga: Determinan Matriks Ordo 2x2

Perkalian matriks ordo 2 x 2

Perkalian matriks ordo 2 x 2 adalah perkalian antara dua matriks yang memiliki dua kolom dan juga dua baris.

Perkalian matriks ordo 2 x 2 menghasilkan matriks ordo 2 x 2 juga. Rumus perkalian matriks ordo 2 x 2 adalah sebagai berikut:

Baca juga: Cara Menentukan Invers Matriks 2x2 dan 3x3

Perkalian matriks ordo 3 x 3

Sama seperti perkalian matriks ordo 2 x 2, perkalian matriks ordo 3 x 3 juga merupakan perkalian matriks yang kerap ditemui.

Rumus perkalian matriks ordo 3 x 3 adalah sebagai berikut:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com