Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Produksi, Produk, dan Produktivitas

Kompas.com - 03/08/2022, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Produksi, produk, dan produktivitas merupakan tiga istilah yang sering muncul dalam kegiatan usaha atau ekonomi.

Meski punya kemiripan kata dan penulisan, ketiga istilah tersebut memiliki makna serta pengertian yang berbeda.

Apa perbedaan produksi, produk, dan produktivitas?

Pengertian produksi, produk, dan produktivitas

Dikutip dari buku Manajemen Usaha Tani (2021) karya Nur Zaman dkk, produksi adalah proses pembuatan dan penciptaan suatu barang dan jasa.

Produksi adalah pengolahan serta pengubahan sumber daya menjadi sebuah komoditas yang berbeda bentuk dan manfaatnya.

Sementara itu, dilansir dari buku Pemasaran Produk Jasa Kesehatan (2018) oleh Manahati Zebua, produk adalah suatu hal yang ditawarkan kepada orang lain untuk memenuhi kebutuhannya.

Baca juga: Mengapa Kegiatan Produksi Sangat Penting?

Produk dapat berupa barang, jasa, pengalaman, peristiwa, kepemilikan, organisasi, informasi, ide, maupun hal lainnya yang bisa ditawarkan.

Dikutip dari buku Pengaruh Kebijakan Pemerintah terhadap Pendapatan Petani Kakao di Kabupaten Jayapura (2016) karangan Subandriyo, produktivitas adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu.

Produktivitas merupakan ukuran yang menyatakan bagaimana sumber daya seharusnya diatur dan dimanfaatkan untuk memberi hasil optimal.

Bedanya produksi, produk, dan produktivitas

Berdasarkan penjelasan di atas, kita bisa mengetahui bahwa produksi, produk, dan produktivitas merupakan tiga hal yang berbeda.

Jelaskan perbedaan antara produksi, produk, dan produktivitas

Perbedaan antara produksi, produk, dan produktivitas adalah pengertiannya.

Produksi merupakan kegiatan menghasilkan barang atau jasa. Sementara produk adalah hal yang ditawarkan kepada orang lain. Produk bisa dihasilkan melalui produksi.

Baca juga: 4 Fungsi Kemasan Produk

Sedangkan produktivitas berkaitan dengan kemampuan untuk menghasilkan sesuatu. Atau bagaimana seharusnya sumber daya dikelola untuk meraih hasil maksimal.

Sederhananya, perbedaan antara produksi, produk, dan produktivitas adalah produksi merupakan kegiatan, produk merupakan hal yang ditawarkan, sementara produktivitas mengacu pada kemampuan untuk menghasilkan suatu hal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com