Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fungsi Kemasan Produk

Kompas.com - 21/04/2022, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Kemasan diperlukan untuk melindungi dan membungkus produk, serta menarik perhatian calon konsumen.

Tentunya pemilihan kemasan harus disesuaikan dengan bentuk atau wujud produknya. Sebagai contoh, produk berupa cairan, lebih cocok dikemas dalam wadah berbahan dasar plastik.

Menurut Nining Wahyuni, dkk dalam buku Panduan Pendirian Usaha Minyak Bangle dan Balsem Bangle (2020), kemasan adalah desain kreatif yang mengaitkan bentuk, struktur, material, warna, citra, tipografi, serta elemen desain lainnya, seperti informasi produk.

Dalam pemasaran, kemasan menjadi bagian pertama yang akan dihadapi calon konsumen. Oleh sebab itu, kemasan harus dibuat semenarik mungkin.

Dikutip dari buku Inovasi dan Pengembangan Produk Pangan (2021) karangan Eko Waluyo dkk, ada empat fungsi kemasan produk, yakni:

  1. Sebagai wadah
  2. Pelindung produk
  3. Media komunikasi
  4. Kenyamanan.

Baca juga: Makna dari Pernyataan Pada Saat Inilah Kemasan Mengambil Alih Tugas Penjualan

Fungsi kemasan produk sebagai wadah

Kemasan berfungsi untuk mewadahi produk agar mudah dibawa, dipindahkan, serta disimpan.

Beberapa produk, seperti minyak goreng, minuman serbuk, tepung, dan minuman ringan membutuhkan kemasan sebagai wadah supaya mudah didistribusikan.

Selain itu, kemasan sebagai wadah juga berfungsi untuk mengurangi terjadinya kontaminan, dan sebagai upaya pemenuhan standar mutu produk.

Pelindung produk

Kemasan berfungsi untuk melindungi produk dari bahaya fisik, seperti gesekan, benturan, getaran, bahan kimia (contohnya sinar UV), dan bahaya biologis (contohnya bakteri dan jamur).

Dalam fungsinya ini, kemasan juga berperan untuk melindungi produk dari segala sesuatu yang dapat menurunkan kualitasnya.

Fungsi kemasan produk sebagai media komunikasi

Dilansir dari buku Modul Teknologi Tepat Guna: Olahan Apel dan Stroberi (Pastry dan Pie) serta Pengemasannya (2020) karya Wenny Bekti Sunarharum dkk, kemasan produk juga berfungsi sebagai media komunikasi.

Baca juga: Tujuan Kemasan, Bahan dan Fungsinya

Karena semua informasi yang ingin disampaikan produsen ke konsumen tercantum pada kemasan. Contohnya info gizi, informasi produk, tanggal kedaluwarsa, tanggal produksi, dan lainnya.

Kenyamanan

Fungsi kenyamanan mampu meningkatkan daya saing produk. Kenyamanan yang dimaksud ialah rasa nyaman yang dirasakan konsumen ketika memegang, membuka, atau menggunakan produk.

Contohnya produk air mineral botol dikemas sedemikian rupa, supaya mudah digenggam, dibuka, dan diminum.

Selain penjelasan di atas, fungsi kemasan produk lainnya adalah membantu penjualan produk dan mempromosikan citra serta manfaat produk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com