Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor-faktor yang Memengaruhi Penguapan

Kompas.com - 18/07/2022, 12:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comPenguapan adalah peristiwa berubahnya air dari bentuk cair menjadi gas. Penguapan berperan penting dalam siklus air dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang memengaruhi penguapan adalah:

  • Suhu
  • Radiasi matahari
  • Kelembapan
  • Luas permukaan air
  • Tekanan udara
  • Kecepatan aliran angin

Suhu

Faktor utama yang memengaruhi penguapan adalah temperatur atau suhu. Air dalam bentuk cair dapat menguap menjadi gas karena adanya panas.

Makin tinggi suhunya, maka makin tinggi juga laju penguapannya. Sebaliknya, makin rendah suhunya maka makin rendah juga laju penguapannya.

Baca juga: Contoh Peristiwa Menguap dalam Kehidupan Sehari-hari

Radiasi matahari

Adapun, suhu dipermukaan bumi dipengaruhi oleh radiasi matahari.

Dilansir dari NASA Earth Observatory, radiasi matahari yang diterima permukaan bumi bervariasi menurut waktu dan garis lintang.

Radiasi matahari maksimal terjadi di ekuator dan makin ke berkurang kea rah kutub bumi. Artinya, bagan ekuator mendapat paling banyak, sehingga suhunya cenderung lebih panas.

Artinya, makin besar radiasi matahari maka makin cepat juga penguapannya terjadi.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Insolasi?

Kelembapan

Faktor selanjutnya yang memengaruhi penguapan adalah kelembapan. Kelembapan adalah kadar uap air di udara.

Makin tinggi kelembapan udara, maka makin tinggi kadar airnya. Ketika kadar air udara tinggi, udara cenderung jenuh karena terisi banyak uap air.

Hal tersebut membuat udara tidak bisa menampung lebih banyak uap air dan laju penguapan menurun

Artinya, makin tinggi kelembapan udara maka makin sulit penguapan terjadi. Sebaliknya, makin rendah kelembapan udara, maka makin tinggi laju penguapannya.

Baca juga: Kelembapan Udara: Definisi dan Jenisnya

Luas permukaan air

Luas permukaan badan air juga memengaruhi penguapan. Badai air yang luas memberikan banyak kontak dengan udara hangat yang menguap air.

Sehingga, makin luas permukaan badan air, maka makin cepat juga penguapannya terjadi. Sebalinya, makin sempit luas badan air, maka makin lambat penguapannya terjadi.

Tekanan udara

Tekanan udara juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi penguapan. Makin besar tekanan udara pada suatu badan air, maka makin sulit penguapan terjadi.

Dilansir dari National Geographic, tekanan udara menekan badan air membuat air sulit naik ke atmosfer sebagai uap air.

Baca juga: Suhu: Pengertian, Alat Ukur, Satuan, dan Rumusnya

Kecepatan aliran angin

Faktor yang memengaruhi penguapan adalah kecepatan aliran air. Dilansir dari Sciencing, angin bertiup dapat menyapu partikel air di udara dan mengurangi kelembapan sehingga udara tidak terlalu jenuh.

Hal tersebut menghasilkan ruang udara yang lebih besar untuk menampung uap air. Artinya, makin cepat angin bertiup, maka makin banyak pula penguapan yang dapat terjadi.

Selain itu, aliran angin juga memengaruhi tekanan udara yang juga memengaruhi penguapan. Aliran udara yang cepat dapat mengurangi tekanan udara dan mempercepat terjadinya penguapan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com