Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegunaan atau Manfaat dari Sejarah

Kompas.com - 02/06/2022, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Sejarah digunakan manusia untuk mempelajari kejadian, peristiwa, bahkan kebudayaan di masa lampau.

Disadari atau tidak, peranan sejarah untuk manusia sangatlah besar. Dengan sejarah, kita bisa mengetahui dan menjadikan peristiwa di masa lalu sebagai pembelajaran.

Menurut S.K. Kochhar dalam buku Teaching of History (2008), istilah history (sejarah) berasal dari bahasa Yunani, historia berarti informasi atau penelitian yang ditujukan untuk mencari kebenaran.

Sederhananya, sejarah merupakan ilmu yang mempelajari serta menyelidiki perkembangan peristiwa atau kejadian di masa lampau.

Berikut ini yang bukan merupakan kegunaan atau manfaat dari sejarah adalah membuat berpikir kritis serta subyektif.

Karena salah satu kegunaan atau manfaat dari sejarah ialah membuat seseorang lebih mengenal perkembangan bangsanya sendiri, sehingga dapat meningkatkan nasionalisme dan memperkokoh identitas bangsa.

Baca juga: Sumber Sejarah: Pengertian dan Contohnya

Berikut adalah kegunaan atau manfaat sejarah:

Kegunaan edukatif

Dikutip dari buku Ilmu dan Aplikasi Pendidikan (2007) oleh Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP - UPI, kegunaan edukatif berarti sejarah membawa serta mengajarkan kebijaksanaan.

Manusia mempelajari dan menjadikan sejarah sebagai pembelajaran dari masa lalu untuk kehidupan sekarang.

Kegunaan inspiratif

Kegunaan atau manfaat dari sejarah yang selanjutnya ialah inspiratif. Lewat sejarah, manusia bisa mendapatkan inspirasi atau ilham.

Contohnya belajar sejarah tentang perjuangan bangsa Indonesia, yang kemudian menginspirasi masyarakat untuk meniru sikap nasionalisme dan patriotisme.

Kegunaan instruktif

Maksudnya sejarah berperan dalam proses pembelajaran mengenai kejuruan atau keterampilan tertentu, seperti jurnalistik, militer, atau lainnya.

Baca juga: Ciri-ciri Sejarah sebagai Ilmu

Dalam kegunaannya ini, sejarah juga berperan untuk menyampaikan informasi perkembangan ilmu pengetahuan dari masa lalu ke masa kini.

Kegunaan rekreatif

Pembelajaran sejarah bisa menjadi sarana rekreasi bagi manusia. Karena belajar sejarah bisa memberi rasa senang maupun keindahan.

Sering kali peristiwa sejarah yang diceritakan mampu menarik, membuat kagum, dan menghibur manusia. Itulah kegunaan atau manfaat dari sejarah yang bersifat rekreatif.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com