Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Manfaat Cermin Cekung dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 31/05/2022, 09:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comCermin cekung adalah jenis cermin dengan permukaan melengkung ke arah dalam seperti permukaan mangkuk. Apa manfaat cermin cekung?

Contoh kegunaan cermin cekung dalam kehidupan sehari-hari adalah teleskop luar angkasa, oftalmoskop, lampu kendaraan, senter, piringan satelit, dan reflektor surya.

Teleskop luar angkasa

Contoh manfaat cermin cekung dalam kehidupan sehari-hari adalah teleskop luar angkasa berjenis teleskop pemantul. Dilansir dari NASA Astrophysics Science Division, teleskop menggunakan cermin cekung untuk mengumpulkan cahaya.

Teleskop Hubble adalah salah satu contoh teleskop yang menggunakan cermin cekung. Teleskop luas angkasa berguna untuk memelajari benda luar angkasa dan tata surya tempat bumi berada.

Baca juga: Pembentukan Bayangan pada Cermin Cekung

Oftalmoskop

Manfaat cermin cekung selanjutnya adalah digunakan untuk membuat oftalmoskop.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, oftalmoskop adalah alat untuk memeriksa bagian dalam mata seperti retina, pembuluh darah, makula, koroid, dan cakram optik.

Oftalmoskop mengeluarkan sinar yang memasuki bagian dalam mata. Sinar tersebut kemudian dipantulkan kembali oleh retina melalui lubang kecil di oftalmoskop yang terbuat dari cermin cekung.

Oftalmoskop berguna untuk pemeriksaan kesehatan mata, mengidentifikasi penyakit mata, dan penyakit yang memengaruhi pembuluh darah seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Baca juga: Sifat-sifat Bayangan Pada Cermin Cekung

Lampu kendaraan

Cermin cekung juga dimanfaatkan sebagai lampu kedaraan seperti lampu mobil, motor, dan juga kereta api. Pada kendaraan, lampu ditempatkan di depan cermin cekung tepat pada titik fokusnya.

Sinar lampu yang datang dari titik fokus, kemudian akan dipantulkan sejajar oleh cermin cekung. Pemantulan sinar ini menghasilkan sinar paralel yang merambat sampai tak hingga.

Sehingga, cermin cekung memantulkan sinar lampu menjadi lebih kuat, lurus, sejajar, dan dapat menerangi jarak jauh.

Senter

Sama seperti lampu kendaraan, senter juga menggunakan cermin cekung untuk membentuk sinar yang lurus dan dapat menerangi jarak jauh.

Baca juga: Rumus Cermin Cekung: Titik Fokus, Jarak Bayangan, dan Perbesarannya

Piringan satelit

Contoh manfaat cermin cekung dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya adalah piringan satelit. Piringan satelit terbentuk dari cermin cekung untuk memfokuskan gelombang pada antenna. Sehingga, sinyal yang didapat lebih jelas.

Reflektor perangkat surya

Perangkat surya yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber listrik, menggunakan reflrktor yang terbuat dari cermin cekung.

Cermin cekung membantu memfokuskan radiasi matahari yang datang. Sehingga, panel surya menerima lebih banyak energi panas untuk membangkitkan listrik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com