Kompas.com - 29/12/2021, 18:50 WIB


KOMPAS.comCermin cekung adalah cermin sferis yang permukaan pantulnya melengkung ke dalam. Bayangan yang terbentuk pada cermin cekung berbeda-beda sesuai dengan letak bendanya. Berikut adalah sifat-sifat bayangan yang terbentuk pada cermin cekung!

Karakteristik cermin cekung

Sebelum mempelajari sifat-sifat bayangan pada cermin cekung, terlebih dahulu kita harus mengenali sifat atau karakteristik dari cermin cekung sebagai berikut:

  • Bersifat konvergen (mengumpulkan cahaya)
  • Titik fokusnya positif (berada di depan permukaan pantul)
  • Jumlah ruang letak benda dan bayangan adalah lima
  • Sifat-sifat bayangan pada cermin cekung

Sifat bayangan cermin cekung tidak selalu sama, namun bergantung pada letak benda asli terhadap cermin cekung. Dilansir dari Physics LibreTexts, sifat bayangan akan berubah jika benda didekatkan atau dijauhkan dari cermin cekung.

Baca juga: Cermin Sferis: Pengertian, Jenis, dan Rumusnya

Sifat-sifat bayangan pada cermin cekung

Benda terletak di ruang I (s < F)

Ketika benda terletak di depan cermin cekung tepatnya pada ruang I dengan jarak yang lebih dekat dari pada fokusnya, maka akan terbentuk bayangan sebagai berikut:

Bayangan benda yang terletak di ruang I cermin cekungKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Bayangan benda yang terletak di ruang I cermin cekung

Dilansir dari The Physics Classroom, ketika benda terletak di depan titik fokus, lokasi bayangan hanya bisa didapat dengan cara memperpanjang sinar pantul (ditunjukkan oleh garis sinar titik-titik). Oleh karea itu bayangan berada di belakang cermin dan bersifat maya.

Bayangan yang dihasilkan juga berada dalam keadaan tegak (tidak terbalik) dan juga lebih besar dari benda aslinya. Sehingga, sifat bayangan benda yang terletak di ruang I adalah maya, tegak, dan diperbesar.

Benda terletak di ruang II (F < s < R)

Jika benda terletak di ruang II, artinya jarak benda (s) lebih besar dari pada titik fokus (F) namun lebih kecil dari titik kelengkungan (R). Bayangan benda yang akan terbentuk berdasarkan sinar istimewa pada lensa cekung adalah sebagai berikut:

Pembentukan bayangan benda yang terletak di ruang II cermin cekungKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Pembentukan bayangan benda yang terletak di ruang II cermin cekung

Baca juga: Pembentukan Bayangan pada Cermin Cekung

Pada gambar terlihat bahwa bagian atas bayangan adalah perpotongan antara dua sinar pantul, sehingga bayangan adalah nyata. Pada gambar juga terlihat bayangan terbalik dan juga memiliki ukuran lebih besar dari benda asli.

Maka, dapat disimpulkan bahwa sifat banyangan benda di ruang II cermin cekung dengan F < s < R adalah nyata, terbalik, dan diperbesar.

Benda terletak di titik fokus (s = F)

Jika benda tertelat pada titik fokus cermin cekung, maka pembentukan bayangannya adalah sebagai berikut:

Pembentukan bayangan benda pada titik R cermin cekungKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Pembentukan bayangan benda pada titik R cermin cekung

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.