Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mary Sue, Si Tokoh Serba Sempurna

Kompas.com - 21/04/2022, 11:35 WIB
Feiren Dina Junita,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap tokoh dalam cerita, pasti diberikan kelebihan maupun kekurangan agar dua hal itu memengaruhi tokoh dalam ceritanya.

Namun, tidak jarang ada pengarang yang menciptakan tokoh mereka nyaris sempurna karena bentuk perwujudan keinginan mereka ke dalam cerita fiksi. Istilah yang dimaksud, yaitu Mary Sue.

Dilansir dari Oxford Dictionary, pengertian Mary Sue merupakan tokoh perempuan yang dibuat sempurna dan menjadi membosankan karena tidak ada lika-liku dalam tokoh tersebut.

Biasanya, Mary Sue selalu digambarkan sebagai tokoh yang sempurna dari segi penampilan, kemampuan, dan masih banyak lagi.

Karakteristik Mary Sue ini berdasarkan dari hasil perwujudan para pengarang yang mengimplementasikan keinginan mereka secara personal ke dalam tokoh cerita.

Baca juga: Teori Male Gaze, Penyebab Diskriminasi Perempuan dalam Film

Meskipun tidak semua tokoh seperti ini bersifat negatif, tetapi banyak tokoh Mary Sue tidak disukai oleh para pembaca cerita fiksi.

Mary Sue juga bisa digunakan pada tokoh laki-laki dan disebut dengan Gary Stu atau Marty Stu. Untuk Gary Stu, biasanya karakteristik ini dideskripsikan sebagai tokoh laki-laki yang memiliki kemampuan yang hebat dan banyak dipuja oleh banyak orang.

Sejarah

Dikutip dari majalah The Women Who Coined the Term 'Mary Sue' (edisi 16 Mei 2019) oleh Jackie Mansky, asal mula Mary Sue berasal dari sebuah cerpen parodi bernama A Trekkie's Tale yang ditulis oleh Paula Smith pada tahun 1973.

Cerpen parodi itu berasal dari salah satu seri telivisi science fiction terkenal di Amerika Serikat pada era 1960-an, yaitu Star Trek.

Dalam cerpen itu, ada sebuah tokoh bernama Lt. Mary Sue. Tokoh itu diceritakan sebagai seorang perempuan berusia lima belas tahun yang disukai oleh seluruh kru karena kecantikan serta kecerdasannya.

Di akhir cerita, Lt. Mary Sue meninggal karena sakit dan kematiannya dikenang oleh banyak orang dengan melakukan perayaan di hari kelahirannya.

Meskipun cerpen ini ditulis secara sangat singkat, tetapi banyak orang tidak menyukai tokoh Lt. Mary Sue. Secara perlahan, cerpen ini dilupakan oleh banyak orang.

Nama Mary Sue pun diangkat sebagai salah satu istilah oleh Paula Smith karena menurutnya, nama itu terus-menerus terngiang di kepalanya. Dia menyatakan kalau nama ini sebagai istilah untuk tokoh-tokoh buatan seseorang yang memiliki karakteristik terlalu sempurna.

Baca juga: Teori Pavlov: Pengertian dan Contohnya 

Contoh karakter Mary Sue

Banyak tokoh Mary Sue yang bisa kita jumpai dalam novel, film, maupun media hiburan lainnya. Biasanya, tokoh seperti ini sering ditemukan dalam cerita dengan genre romantis, action, dan fantasy.

Berikut beberapa tokoh perempuan dan laki-laki yang memiliki karakteristik Mary Sue maupun Gary Sue:

  • Bella Swan dari Twilight
  • Edward Cullen dari Twilight
  • Princess Aurora dari Sleeping Beauty
  • Cinderella dari Cinderella (film)
  • Rey dari Star Wars
  • James Bond dari James Bond (film)

Masih banyak tokoh yang memiliki karakteristik Mary Sue maupun Gary Stu, tetapi rata-rata tokoh itu berdasarkan dari pendapat beberapa penikmat film atau buku.

Sebenarnya, Mary Sue bukan karakteristik yang sepenuhnya negatif karena karakteristik ini bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk beberapa pembaca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com