Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Bentuk 3 Dimensi

Kompas.com - 19/04/2022, 13:28 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Balok, kubus, bola, piramida, dan limas adalah contoh dari bentuk 3 dimensi. Namun apa saja ciri-ciri bentuk 3 dimensi? Berikut adalah penjelasannya!

Memiliki 3 dimensi

Dilansir dari Cuemath, benda 3 dimensi adalah benda yang memiliki tiga dimensi yaitu dimensi panjang, dimensi lebar, dan juga dimensi tinggi.

Artinya, benda 3 dimensi memiliki 1 dimensi lebih banyak daripada benda 2 dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar.

Memiliki sisi

Ciri-ciri bentuk 3 dimensi selanjutnya adalah memiliki sisi. Sisi adalah bagian permukaan bentuk, baik sisi depan, sisi samping, sisi atas, maupun sisi bawah, berdasarkan bentuk 3 dimensinya.

Sisi bentuk tiga dimensi dapat berupa permukaan datar ataupun permukaan yang melengkung seperti pada bola dan tabung.

Baca juga: Ciri-Ciri dan Sifat Bangun Ruang

Memiliki tepi atau rusuk

Dilansir dari BBC, tepi atau rusuk adalah tempat dua sisi bertemu. Tepi atau rusuk membentuk kerangka dari bentuk 3 dimensi dan jumlahnya bergantung pada bentuknya.

Misalnya, bola tidak memiliki rusuk karena hanya memiliki satu sisi melengkung. Namun, kubus memiliki 12 rusuk karena memiliki 6 sisi.

Memiliki sudut

Ciri-ciri bentuk 3 dimensi selanjutnya adalah memiluki sudut. Sudut adalah ujung bentuk 3 dimensi, tempat bertemunya ujung-ujung rusuk dari bentuk.

Jumlah dan besar sudut bergantung pada jenis bentuk 3 dimensinya. Misalnya, piramida memiliki 5 buah sudut yang tidak sama besar. Sedangkan, kubus memiliki 8 buah sudut yang sama besar.

Baca juga: Unsur-unsur Bangun Ruang Bola

Memiliki ruang dan volume

Ciri bentuk 3 dimensi selanjutnya adalah memiliki ruang dan volume. Ruang adalah daerah kosong di dalam bentuk 3 dimensi yang dapat diisi. Sehingg, bentuk 3 dimensi juga kerap disebut sebagai bangun ruang. 

Besar ruang dalam suatu bidang 3 dimensi disebut dengan volume. Dilansir dari Lumen Learning, volume adalah satuan ukur ruang 3 dimensi yang terdiri dari panjang, lebar, dan tinggi dalam satuan sentimeter kubik atau metrik.

Dapat dilihat dari segala arah

Berbeda dengan bentuk 2 dimensi yang hanya dapat dilihat dari depan, bentuk 3 dimensi adalah bentuk nyata yang dapat dilihat dari segala arah.

Bentuk 3 dimensi dapat dilihat dari arah depan, belakang, atas, bawah, maupun samping. Dalam berbagai sudut pandang tersebut, bentuk 3 dimesi tetap terlihat sebagai bentuk yang memiliki ruang.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com