Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal

Kompas.com - 01/03/2022, 12:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comKomunikasi intrapersonal terjadi saat manusia berbicara dengan dirinya sendiri. Sementara komunikasi interpersonal berlangsung ketika antarindividu saling berkomunikasi.

Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi intrapersonal dan interpersonal sering terjadi. Keduanya merupakan bentuk komunikasi dasar yang kerap dilakukan manusia.

Contoh komunikasi intrapersonal

Menurut Deddy Mulyana dalam buku Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (2010), komunikasi intrapersonal menjadi landasan bagi komunikasi interpersonal dan komunikasi dalam konteks lainnya.

Komunikasi intrapersonal menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan komunikasi. Karena keefektifan komunikasi sangat dipengaruhi oleh proses komunikasi dengan diri sendiri (komunikasi intrapersonal).

Salah satu contoh komunikasi intrapersonal adalah berpikir. Berpikir merupakan bentuk komunikasi intrapersonal yang paling sering dilakukan manusia. Misalnya, berpikir tentang aktivitas apa yang akan dilakukan hari ini.

Baca juga: Apa Perbedaan Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal?

Dilansir dari buku Communication Skills “Sukses Komunikasi, Presentasi dan Berkarier”! (2014) karya Herri Susanto, beberapa contoh komunikasi intrapersonal ialah meditasi, melamun, bermimpi, berdiam diri, menulis, introspeksi diri, dan masih banyak lagi.

Contoh komunikasi interpersonal

Dikutip dari buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2016) oleh Hafied Cangara, komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang berlangsung antara dua orang atau lebih secara tatap muka.

Misalnya, percakapan antara dua orang yang saling mengenal dan tidak sengaja bertemu. Percakapan ini berlangsung spontan dan tanpa direncanakan.

Contoh komunikasi interpersonal adalah dua orang sahabat yang saling mencurahkan isi hatinya, pertengkaran antartetangga, senda gurau kakak serta adik, perbincangan dosen dan mahasiswa saat bimbingan skripsi, dialog antara dokter serta pasien, dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com