Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Peran Humas dalam Organisasi

Kompas.com - 01/03/2022, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Dalam organisasi, humas sangat berperan penting. Salah satunya, yakni membina dan menjaga hubungan baik dengan publik internal dan eksternal.

Humas perlu menjaga hubungan baik dengan publik internal, agar tujuan organisasi bisa tercapai. Sementara itu, hubungan baik dengan publik eksternal diperlukan untuk menciptakan citra (image) positif organisasi di mata publik.

Menurut Rachmat Kriyantono dalam buku Best Practice Humas (Public Relations) Bisnis dan Pemerintah: Manajemen Humas, Teknik Produksi Media Publisitas, dan Public Relations Writing (2021), peran dalam konteks humas adalah bagaimana harapan publik terhadap apa yang seharusnya dilakukan humas sesuai kedudukan serta fungsinya.

Jadi, humas dikatakan berperan jika mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik, serta mampu menjamin kepentingan publik.

Dikutip dari buku Humas dan Keprotokolan (2022) karya Endah Fantini, dkk, peran humas dalam organisasi terbagi menjadi empat, yaitu sebagai penasihat ahli, fasilitator komunikasi, fasilitator proses pemecahan masalah, dan teknisi komunikasi.

Baca juga: Tugas Pokok Humas dan Ruang Lingkup Pekerjaannya

Penasihat ahli

Humas berperan sebagai penasihat ahli. Maksudnya humas bertugas untuk mencari solusi penyelesaian masalah yang sedang dihadapi organisasi. Solusi ini bisa didapatkan dari pengetahuan, pengalaman, maupun keterangan yang didapat humas.

Fasilitator komunikasi

Dilansir dari buku Siapa Humas? Mengenal Ujung Tombak Komunikasi (2020) karya Thoriq Ramadani, sebagai fasilitator komunikasi, humas (hubungan masyarakat) harus membangun manajemen organisasi.

Dalam perannya ini, humas bisa bertindak sebagai komunikator atau mediator, guna menciptakan kesempatan bagi publik untuk mengutarakan pendapat atau pemikirannya.

Fasilitator komunikasi juga berarti humas memberi peluang bagi publik internal dan eksternal untuk mendengar apa yang ingin disampaikan pihak manajemen organisasi.

Fasilitator proses pemecahan masalah

Humas berperan sebagai fasilitator proses pemecahan masalah dalam organisasi.

Artinya humas membantu pimpinan organisasi, baik sebagai penasihat maupun pengambil tindakan eksekusi (keputusan), dalam upaya mengatasi persoalan atau krisis yang menimpa organisasi, secara rasional maupun profesional.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Publik Internal dan Eksternal Humas?

Teknisi komunikasi

Peran humas dalam organisasi ialah sebagai teknisi komunikasi. Maksudnya, humas bertugas untuk menyediakan berbagai layanan teknis komunikasi yang dibutuhkan organisasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com