Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konteks Komunikasi: Pengertian dan Jenisnya

Kompas.com - 06/01/2022, 12:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comKonteks komunikasi memberi kemudahan dalam memahami proses komunikasi yang kompleks. Ada tujuh jenis konteks komunikasi, yakni intrapersonal, interpersonal, kelompok kecil, organisasi, publik (retorika), massa, dan lintas budaya.

Dalam komunikasi, konteks bersifat situasional. Artinya proses komunikasi dibatasi oleh sejumlah faktor, seperti jumlah orang yang terlibat, umpan balik yang diberikan, jarak antarorang yang berkomunikasi, serta saluran yang digunakan.

Apa itu konteks komunikasi?

Pengertian konteks komunikasi

Menurut Richard West dan Lynn H. Turner dalam buku Introducing Communication Theory: Analysis and Application (2007), dalam komunikasi, konteks diartikan sebagai lingkungan tempat terjadinya proses komunikasi.

Konteks komunikasi tidak hanya mempermudah manusia dalam mempelajari proses komunikasi, namun juga menjadi latar belakang bagi para peneliti serta teoretikus untuk menganalisis sebuah fenomena.

Jenis konteks komunikasi

Ada tujuh konteks komunikasi, yaitu komunikasi intrapersonal (intrapribadi), komunikasi interpersonal (antarpribadi), komunikasi kelompok kecil, komunikasi organisasi, komunikasi publik atau retorika, komunikasi massa, dan komunikasi lintas budaya.

Baca juga: Komunikasi Intrapersonal: Pengertian dan Tujuannya

Berikut ini penjelasannya:

Komunikasi intrapersonal (intrapribadi)

Dikutip dari buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2016) karya Hafied Cangara, komunikasi intrapersonal adalah proses komunikasi yang terjadi dalam diri individu, atau proses komunikasi dengan diri sendiri.

Contohnya, komunikasi intrapribadi saat mempertimbangkan suatu hal dan mengambil keputusan secara individu.

Komunikasi interpersonal (antarpribadi)

Konteks komunikasi interpersonal adalah proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang atau lebih secara langsung.

Contoh, komunikasi interpersonal antara pasien dengan dokter, orang tua dan anak, kakak dengan adik, guru dan siswa, serta dosen dengan mahasiswa.

Komunikasi kelompok kecil

Adalah konteks komunikasi yang terjalin antara sejumlah orang yang bekerja sama untuk meraih tujuan bersama.

Beberapa ahli mengatakan bahwa komunikasi kelompok kecil masuk dalam konteks komunikasi interpersonal. Karena anggotanya terlibat langsung secara tatap muka dan semua pesertanya berada di kedudukan yang sama.

Baca juga: Komunikasi Interpersonal: Pengertian Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Contoh, komunikasi kelompok kecil dalam ceramah, diskusi, rapat, perkuliahan, aktivitas pembelajaran, dan kerja kelompok.

Komunikasi organisasi

Konteks komunikasi organisasi lebih luas dibanding komunikasi kelompok kecil. Komunikasi organisasi terdiri atas berbagai konteks komunikasi, mulai dari interpersonal hingga komunikasi di depan publik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com