Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Kompas.com - 06/01/2022, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comBerita adalah informasi mengenai suatu peristiwa yang sedang terjadi. Berita ditulis oleh jurnalis atau wartawan lewat proses pencarian berita atau proses jurnalistik.

Dalam proses pencarian berita, para jurnalis mengumpulkan berbagai fakta yang ada di lapangan, untuk kemudian disusun dan dilaporkan kepada masyarakat.

Pengertian berita menurut para ahli

Mengutip dari buku Rambu-Rambu Jurnalistik (Bagaimana Menulis Berita yang Layak Baca) (2020) karya Bagus Samsito Edi Wahono, istilah berita berasal dari bahasa Sanskerta, vrit. Ada pula yang menyebutnya vritta, berarti kejadian atau hal apa pun yang telah terjadi.

Secara umum, berita bisa diartikan sebagai laporan tentang fakta ataupun ide terbaru yang sifatnya menarik, benar, atau penting bagi sebagian besar masyarakat.

Berikut beberapa pengertian berita menurut para ahli:

Nasution

“Berita adalah laporan terkait peristiwa-peristiwa yang terjadi dan ingin diketahui secara umum, bersifat aktual, telah terjadi dalam lingkungan pembaca, berhubungan dengan tokoh terkemuka, dan akibat peristiwa tersebut bisa berpengaruh kepada pembaca”.

Baca juga: Nilai Berita: Pengertian dan Kriterianya

Djuraid

Menurut Djuraid, berita merupakan suatu laporan ataupun pemberitahuan mengenai terjadinya peristiwa atau keadaan bersifat umum dan baru saja terjadi, yang disampaikan oleh wartawan media massa.

Jani Yosef

Sebagaimana melansir dari buku Jurnalistik Dasar: Jurus Jitu Menulis Berita, Feature, Biografi, Artikel Populer, dan Editorial (2021) karya Khoirul Muslimin, Jani Yosef mendefinisikan berita sebagai laporan terkini tentang fakta penting atau menarik bagi khalayak, yang disebarluaskan lewat media massa.

Hoeta Soehoet

Hoeta Soehoet menyatakan bahwa berita adalah keterangan mengenai peristiwa atau isi pernyataan manusia.

Doug Newson dan James A. Wollert

“Berita adalah apa saja yang ingin dan perlu diketahui orang atau lebih luas lagi oleh masyarakat”.

Paul De Maeseneer

Menurut Paul De Maeseneer, berita adalah informasi mengenai kejadian baru bersifat penting dan bermakna (signifikan), yang berpengaruh pada pendengarnya serta relevan dan layak dinikmati oleh mereka.

Sumadiria

Sumadiria menjelaskan bahwa berita adalah laporan tercepat lewat media berkala, mengenai ide atau fakta terbaru yang menarik, benar, dan penting bagi sebagian besar khalayak.

Dean M. Lyle Spencer

“Berita ialah kenyataan ide secara benar dan dapat menarik perhatian lebih besar bagi para pembacanya”.

Baca juga: Perbedaan Berita, Artikel, dan Feature

Adi Negoro

Menurut Adi Negoro, berita adalah suatu pernyataan antara manusia yang saling memberitahukan satu sama lainnya.

Freda Morris

Melansir dari buku Dasar-dasar Produksi Televisi: Produksi Berita, Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter, dan Teknik Editing (2012) karya Andi Fachruddin, Freda Morris menyatakan bahwa berita adalah sesuatu yang baru, penting, dan dapat memberi dampak dalam kehidupan manusia. Menurutnya, berita terdiri dari unsur baru, penting, serta bermanfaat bagi manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com