Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hard News: Pengertian dan Ciri Beritanya

Kompas.com - 05/01/2022, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comHard news atau berita keras merupakan pelaporan peristiwa yang bersifat penting dan aktual (terbaru).

Beberapa ciri berita hard news, yakni disusun dengan struktur piramida terbalik, ditulis secara to the point atau lugas, dan menggunakan prinsip 5W+1H dalam penulisannya.

Berdasarkan penggolongan berita, hard news termasuk straight news. Namun, ada pula yang menyamakan keduanya, karena punya karakteristik hampir sama.

Pengertian hard news

Mengutip dari Book Series Jurnalisme Kontemporer: Etika dan Bisnis dalam Jurnalisme (2021) karya Febri Nurrahmi, dkk, hard news adalah berita penting yang perlu segera diketahui masyarakat.

Hard news (berita keras) berisikan infromasi mengenai peristiwa khusus yang terjadi secara tiba-tiba. Misalnya berita politik, bencana alam, ekonomi, dan lain-lain.

Baca juga: Pengertian Soft News dan Cirinya

Menurut Rusman Latief dalam buku Jurnalistik Sinematografi (2021), hard news sifatnya terikat waktu (time concern), karena informasinya harus segera diketahui publik.

Dalam konteks media penyiaran, hard news merupakan berita singkat yang hanya menampilkan informasi terpenting yang sedang dan sudah terjadi di masyarakat.

Ciri hard news

Melansir dari buku Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia) (2014) karya Rulli Nasrullah, hard news (berita keras) ditulis dengan mengacu pada struktur piramida terbalik.

Struktur ini menekankan bahwa informasi yang ditulis paling atas adalah yang terpenting, dan semakin ke bawah, berarti informasinya semakin tidak penting.

Dalam penulisan beritanya, hard news berpedoman pada 5W+1H, yakni What, Why, Who, When, Where dan How. Selain itu, penulisan hard news juga harus tepat, ringkas, jelas, padat sederhana, langsung pada inti persoalan yang dibahas, dan dapat dipercaya publik.

Ciri lain dari berita hard news ialah penulisannya to the point atau lugas. Karena informasi dalam jenis berita ini sifatnya harus segera dikabarkan ke publik.

Jika dirangkum, ada empat ciri hard news, yakni:

  1. Penulisan hard news mengacu pada struktur piramida terbalik.
  2. Hard news berpedoman pada prinsip 5W+1H.
  3. Penulisan hard news dilakukan secara to the point atau lugas,
  4. Hard news sifatnya singkat, padat, jelas, dan langsung pada pokok persoalannya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com