Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Golongan Gas Mulia dalam Kehidupan

Kompas.com - 04/01/2022, 18:11 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.com – Golongan gas mulia dalam tabel periodik unsur terdiri dari Helium (He), Neon (Ne), Argon (Ar), Kripton (Kr), Xenon (Xe), dan Radon (Rn). Keenam gas mulia tersebut memiliki manfaat bagi dalam kehidupan.

Berikut adalah manfaat dari golongan gas mulia dalam kehidupan sehari-hari!

Helium (He)

Helium merupakan gas mulia yang memiliki nomor atom dua. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, alam semesta tersusun dari 23 persen helium, menjadikannya gas paling berlimpah kedua di alam setelah hidrogen.

Balon

Helium sangatlah ringan dan tidak reaktif, sehingga ia dapat mengapung di udara tanpa takut terbakar oleh panas. Hal ini membuat helium digunakan sebagai gas pengisi balon. Selain mengisi balon, helium juga digunakan untuk mengisi air bag mobil ketika terjadi benturan pada mobil.

Baca juga: Mengapa Balon Bisa Terbang?

Zat pendingin

Helium memiliki titik didih yang rendah dan sifat yang stabil sehingga digunakan sebagai zat pendingin. Helium digunakan untuk pendinginan reaktor nuklir, penelitian kriogenik, magnet superkonduktor, satelit, dan peluncuran kendaraan ruang angkasa seperti roket.

Atmosfer buatan

Helium digunakan sebagai atmosfer buatan pada pengelasan logam, pemberian tekanan pada roket, juga untuk pernafasan para penyelam (campuran 80% helium dan 20% oksigen).

Neon (Ne)

Neon adalah gas mulia bernomor atom 10. Berikut adalah contoh manfaat neon dalam kehidupan!

Lampu

Gas mulia dapat bersinar ketika dilalui arus listrik. Neon dapat memancarkan sinar yang terang sehingga digunakan sebagai lampu.

Baca juga: Kelimpahan Unsur di Alam

Laser pemindai

Bersama helium, neon menjadi laser untuk pemindaian kode benda (misalnya pemindaian kode barang di kasir supermarket).

Zat pendingin

Titik didih yang rendah membuat neon digunakan sebagai zat pendingin kriogenik. Dilansir dari The Royal Society of Chemistry, neon memiliki kapasitas pendinginan 40 kali lebih banyak dari pada helium cair dan tiga kali lipat lebih banyak dari hidrogen cair.

Argon (Ar)

Argon adalah unsur gas mulia yang memiliki nomor atom 18. Berikut adalah contoh manfaat argon dalam kehidupan sehari-hari!

Pencetakan tiga dimensi

Argon digunakan dalam pencetakan tiga dimensi. Dilansir dari Sciencing, argon mencegah oksidasi logamdan reaksi lainnya yang tidak diinginkan selama pemanasan dan pendinginan bahan cetak.

Baca juga: Sifat-Sifat Unsur Kimia

Penanggalan radioisotop

Argon bersama kalium digunakan dalam penggalan radioisotop untuk memperkirakan objek yang berusia miliaran tahun.

Atmosfer buatan

Argon juga digunakan untuk membentuk atmosfer buatan pada pengelasan logam, pengaturan oksigen dan nitrogen, dan sintetis logam yang reaktif.

Kripton (Kr)

Kripton adalah gas mulia dengan nomor atom 38. Berikut adalah contoh manfaat krypton dalam kehidupan sehari-hari!

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com