Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Model Komunikasi Berlo: Kelebihan dan Kekurangannya

Kompas.com - 24/12/2021, 08:45 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Kelebihan model komunikasi Berlo ialah mengakui bahwa penerima (receiver) merupakan pihak paling penting dalam proses komunikasi. Sedangkan, kekurangannya adalah cenderung menekankan manipulasi pesan pada proses encoding serta decoding.

Model komunikasi Berlo sering disebut pula model komunikasi SMCR (Source-Message-Channel-Receiver). Model ini merupakan pengembangan dari model komunikasi Shannon dan Weaver.

Kelebihan model komunikasi Berlo

Menurut Nofrion dalam buku Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran (2016), salah satu kelebihan model komunikasi Berlo ialah memberi kontribusi terhadap aspek efektivitas penyampaian pesan yang dipengaruhi sejumlah hal.

Beberapa hal tersebut telah dijelaskan dengan baik oleh David K. Berlo dalam faktor-faktor yang memengaruhi keempat komponen penting dalam model komunikasinya, yaitu source (sumber), message (pesan), channel (saluran), dan receiver (penerima).

Baca juga: Model Komunikasi Berlo: Konsep dan Karakteristiknya

Berikut beberapa kelebihan model komunikasi Berlo:

  1. Tidak hanya berfokus dalam menggambarkan proses komunikasi massa dan komunikasi publik, model komunikasi Berlo juga bisa menjelaskan dengan baik proses komunikasi interpersonal serta komunikasi tertulis.
  2. Komponen sumber (source) dalam model komunikasi Berlo tergolong efektif. Karena mencakup beberapa pesan, baik dalam bentuk lisan, tertulis, elektronik, maupun jenis simbol lain yang digunakan dalam proses komunikasi.
  3. Komponen pesan menjadi elemen utama dalam model komunikasi ini.
  4. Model komunikasi Berlo mengakui bahwa penerima merupakan pihak paling penting dalam proses komunikasi, karena merupakan target utama penyampaian pesan.
  5. Proses encoding dan decoding membantu menerjemahkan pikiran manusia yang dituangkan dalam bentuk kata atau simbol, sehingga mempermudah manusia untuk memahami kata dan simbol tersebut dari orang lain.

Kekurangan model komunikasi Berlo:

Dikutip dari buku Komunikasi Serba Ada Serba Makna (2011) karya Alo Liliweri, salah satu kekurangan model komunikasi Berlo ialah cenderung menekankan manipulasi pesan pada proses encoding dan decoding.

Berikut beberapa kekurangan model komunikasi Berlo:

  1. Menunjukkan bahwa seolah-olah komunikasi antarmanusia sama dengan mesin. Padahal proses komunikasi antarmanusia jauh lebih kompleks, dan tidak bisa dibayangkan seperti pengiriman sinyal telepon, televisi, komputer, atau sistem radar.
  2. Penyelesaian masalah komunikasi hanya dilakukan secara teknis dan akurat, yakni dengan memilih simbol yang benar serta tepat, mencegah gangguan, dan mengirim pesan secara efisien.
  3. Sering terjadi kesalahpahaman terhadap penggunaan simbol. Padahal dalam proses komunikasi antarmanusia, pemanfaatan simbol erat kaitannya dengan nilai, konsep, kepercayaan, dan sikap yang diyakini bersama oleh manusia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com