Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Hidup Tidak Selaras dengan Alam

Kompas.com - 27/10/2021, 17:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comHidup tidak selaras dengan alam berarti tidak menghargai kehadiran makhluk hidup lain di lingkungan alam atau sekitar kita, karena hanya mementingkan diri sendiri.

Menurut Zaim Uchrowi dalam buku Karakter Pancasila (2012), selaras dengan alam bisa dimaknai sebagai terjalinnya kehidupan yang harmonis antara manusia dengan lingkungan alam.

Jadi hidup tidak selaras dengan alam dapat diartikan kehidupan yang tidak harmonis antara manusia dengan lingkungan alam sekitar. Hal ini terlihat dari cara manusia memperlakukan alam beserta segala isinya.

Apakah yang dimaksud hidup tidak selaras dengan alam?

Maksud dari hidup tidak selaras dengan alam adalah ketidakharmonisan hubungan manusia dengan alam sekitar. Tidak selaras dengan alam juga berarti manusia tidak menghargai kehadiran makhluk hidup lain di lingkungan alam.

Baca juga: Cara Hidup Selaras dengan Alam dan Pengaruhnya bagi Kesehatan Manusia

Hidup tidak selaras dengan alam hanya mementingkan kepentingan diri sendiri, yakni manusia atau kelompok tertentu. Sehingga kegiatan yang dilakukan tidak memedulikan makhluk hidup lainnya.

Contohnya manusia mengeksploitasi sumber daya alam tanpa memperhatikan dampaknya. Contoh lainnya manusia menyiksa hewan yang tidak bersalah dan mencabut tanaman dengan alasan yang tidak jelas.

Dikutip dari buku Mongah: Belajar Nilai Hidup dari Manusia Pakis (2020) karya Putu Sabda Jayendra dan Ida Bagus Arya Lawa Manuaba, hidup tidak selaras dengan alam akan mengakibatkan kekacauan serta kerugian bagi manusia.

Sebagai contoh manusia mengeksploitasi sumber daya alam tanpa memperhatikan dampak. Akibatnya jumlah sumber daya alam menjadi terbatas dan merugikan kehidupan manusia.

Contoh lainnya kebiasaan manusia membuang sampah sembarangan. Hal ini termasuk hidup tidak selaras dengan alam. Akibat yang ditimbulkan adalah bencana banjir, lingkungan menjadi tidak sehat, kotor, serta tidak nyaman ditinggali.

Baca juga: Cara Menghemat Barang-Barang agar Sumber Daya Alam Terjaga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com