Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Embalase dan Buklet serta Bagian-bagiannya

Kompas.com - 27/10/2021, 15:08 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comEmbalase dan buklet merupakan contoh reklame visual. Keduanya berfungsi untuk mempromosikan produk serta menarik perhatian calon konsumen.

Perusahaan harus bisa membuat embalase dan buklet semenarik mungkin. Mulai dari desain visualnya hingga pewarnaan dan jenis tulisan yang digunakan.

Apa itu embalase dan buklet? Apa sajakah bagian-bagiannya?

Embalase

Berikut penjelasan mengenai embalase, yaitu: 

Pengertian embalase

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), embalase diartikan sebagai bahan dan sebagainya yang dipakai untuk pengemasan serta pengepakan barang.

Baca juga: Contoh Kalimat Iklan Menyatakan Keunggulan Produk

Jenis reklame visual yang bisa dijumpai pada pembungkus ataukah kemasan dari suatu produk yang diperjualbelikan adalah embalase. Jenis reklame visual ini hanya bisa ditemui pada kemasan sebuah produk, seperti produk makanan, minuman, kosmetik, dan sebagainya.

Melansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), dilihat dari fungsinya, embalase memiliki fungsi ganda, yakni sebagai pembungkus produk, dan sebagai daya tarik konsumen terhadap suatu produk.

Bagian-bagian embalase

Embalase terdiri atas dua bagian, yakni:

  • Bagian depan embalase

Berisikan gambar serta nama produk. Misalnya bagian depan embalase produk makanan memuat gambar makanan beserta nama produknya.

  • Bagian belakang embalase

Berisikan informasi penting terkait produk tersebut. Contohnya bagian belakang embalase produk makanan memuat komposisi, informasi nilai gizi, bahan-bahan yang mengandung alergen, tanggal kedaluwarsa, dan lain sebagainya.

Baca juga: Iklan Baris: Definisi, Jenis, Karakteristik dan Contohnya

Buklet

Penjelasan mengenai buklet dapat di simak sebagai berikut: 

Pengertian buklet

Menurut Nina Apriyani dalam jurnal Pembuatan Buklet Primata di Hutan Lindung Gunung Senujuh pada Submateri Pelestarian Keanekaragaman Hayati (2019), buklet adalah salah satu media penyampaian informasi yang sifatnya promosi.

Buklet termasuk dalam reklame visual. Tujuannya untuk mempromosikan suatu produk, organisasi, perusahaan, lembaga masyarakat, dan lain sebagainya.

Yohanita Nirmalasari dan Yovita Yasintha Bolly dalam buku Sistem Pemumpukan Anorganik pada Tanaman Pangan (2020), buklet sifatnya praktis serta mudah dibawa karena berukuran kecil dan tipis.

Baca juga: Contoh Iklan Audio Visual

Bagian-bagian buklet

Buklet terdiri atas dua bagian, yakni:

  • Bagian depan buklet

Sering juga disebut sampul buklet. Bagian sampul memuat gambaran isi buklet secara umum. Sampul buklet haruslah dibuat semenarik mungkin.

  • Bagian isi buklet

Biasanya bagian ini berisikan informasi lengkap tentang produk yang ditawarkan. Contohnya buklet tentang penjualan rumah, bagian isinya akan memuat harga, gambar rumah beserta desain ruangan, serta rincian informasi lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com