Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Fenomena Aging Population dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 13/10/2021, 12:09 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comAging population (ageing population) sering juga disebut era penduduk berusia tua. Fenomena ini dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya tingkat harapan hidup penduduk.

Apa itu fenomena aging population?

Pengertian aging population

Menurut Heryanah dalam jurnal Ageing Population dan Bonus Demografi Kedua di Indonesia (2015), aging population adalah fenomena yang terjadi saat umur median penduduk suatu wilayah atau negara mengalami peningkatan.

Penuaan penduduk atau aging population disebabkan oleh meningkatnya angka harapan hidup serta menurunnya tingkat fertilitas atau kesuburan penduduk di suatu wilayah atau negara.

Dikutip dari buku Wealth Management (2007) karya Ubaidillah Nugraha, fenomena aging population terjadi dengan diiringi peningkatan usia harapan hidup, meningkatnya kesejahteraan masyarakat, serta adanya perbaikan di bidang pelayanan kesehatan.

Para ahli demografi menjelaskan bahwa suatu negara atau wilayah dapat dikatakan mengalami fenomena aging population, jika jumlah penduduk berusia lanjut mengalami peningkatan.

Baca juga: Populasi: Pengertian, Faktor, dan Ciri-cirinya

Cara mengatasi aging population

Fenomena aging population dapat diatasi dengan cara memperhatikan kesehatan penduduk usia lanjut, meningkatkan pelayanan fasilitas kesehatan, serta menguatkan peran keluarga dalam merawat penduduk usia lanjut.

Melansir dari situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, jumlah penduduk lansia di Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Diperkirakan pada 2035, jumlahnya bertambah jadi 48,2 juta jiwa.

Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi fenomena aging population. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan lansia di sejumlah fasilitas kesehatan.

Harapannya kesehatan dan kualitas hidup penduduk usia lanjut dapat tetap terjaga, serta meningkatnya kemampuan fisik lansia.

Tidak hanya berfokus pada peningkatan kesehatan lansia, pemerintah juga berupaya untuk melaksanakan program pemberdayaan lansia. Tujuannya untuk mengoptimalkan fungsi fisik, mental, kognitif serta spiritual.

Baca juga: Kepadatan Populasi: Dampak dan Pengaruhnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com