Kompas.com - 13/10/2021, 11:00 WIB
Ilutrasi pengertian The Law of Diminishing Marginal Return KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlutrasi pengertian The Law of Diminishing Marginal Return

KOMPAS.com – Produksi merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang utama. Produksi mengolah beberapa input menjadi suatu hasil produksi atau ouput.

Dalam ilmi ekonomi, ada yang dinamakan Hukum Keterbatasan Peningkatan atau lebih dikenal dengan istilah the Law of Diminishing Marginal Return.

Namun, apakah yang dimaksud dengan the Law of Diminishing Margnal Return? The law of diminishing marginal return membahas tentang keterbatasan peningkatan faktor input untuk meningkatkan suatu produksi.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, the Law of Diminishing Margnal Return adalah hukum ekonomi yang menyatakan jika satu input dalam produksi ditingkatkan semantara input lainnya dipertahankan, pada akhirnya akan terjadi penurunan output.

Baca juga: Pengertian Sistem Ekonomi Kapitalis, Ciri-Ciri, Dampak, dan Contohnya

Tahapan The Law of Diminishing Marginal Return

The Law of Diminishing Marginal Return terjadi dalam tiga tahapan sebagai berikut:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahap I

Jika suatu perusahaan memiliki dua buah input produksi yaitu modal dan tenaga kerja. Perusahaan tersebut merasa dengan modal yang dimiliki sekarang, mereka bisa menambah tenaga kerja untuk meningkatkan produk outputnya.

Ketika pekerja ditambah satu-persatu sementara modal tetap, maka akan terjadi peningkatan produk output. Hal ini menghasilkan peningkatan produktivitas perusahaan dan pada saat inilah perusahaan beroperasi pada tingkat optimal.

Tahap II

Disadur dari Investopedia, setelah perusahaan berada di titik optimal, menambahkan pekerja tambahan di luar tingkat optimal akan menghasilkan hasil yang kurang efisien

Misalkan perusahaan yang telah optimal tersebut terus menambahkan tenaga kerja tanpa menambahkan modal.

Baca juga: Contoh Jenis Kegiatan Ekonomi beserta Lapangan Pekerjaan, Hasil, dan Penyebaran Barang

Pada tingkat ini, penambahan tenaga kerja menambah total output namun menurunkan output marjinal perusahaan. Perusahaan yang awalnya menghasilkan outpun maksimum, perlahan-perlahan mengalami penurunan.

Di mana output yang dihasilkan masing-masing pegawai akan berkurang karena lahan kerja yang tetap tatapi pekerja semakin banyak.

Tahap II

Jika pegawai terus ditambahkan dengan harapan meningkatkan produktivitas, maka perusahaan akan memasukin tahapan ketiga. Yaitu, tahapan pengembalian negatif.

Di mana output marjinal bukan hanya menurun, namun bernilai negatif. Pada saat inilah perusahaan mengalami kerugian diakibatkan ketidakseimbangan faktor-faktor produksi.

Sederhananya The Law of Diminishing Marginal Return dapat digambarkan dengan suatu lapanan bola yang harus dicabuti rumputnya. Jika pekerjaan dilakukan oleh lima orang, maka akan selesai dalam 2 jam dengan masing-masing orang mencabut sekarung rumput.

Baca juga: Bidang Kajian Ekonomi Mikro

Tenaga kerja kemudian ditambah menjadi sepuluh orang. Sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat yaitu selesai hanya dalam satu jam. Namun, ternyata masing-masing orang hanya mencabut setengah karung rumput.

Jika tenaga kerja ditambah lagi menjadi dua puluh orang, pekerjaan memang akan selesai dengan sangat cepat.

Namun, tidak efektif karena tiap pekerjanya hanya mencabut seperempat karung saja. Sehingga modal yang dikeluarkan untuk membayar pekerja tidak sesuai dengan kinerja yang didapatkan.

Dilansir dari Economics Discussion, The Law of Diminishing Marginal Return membantu manajer untuk menentukan tenaga kerja optimal yang dibutuhkan untuk menghasilkan output maksimum.

Sehingga The Law of Diminishing Marginal Return dibutuhkan sebagai penjaga keseimbangan input dan outpun suatu perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.