Kompas.com - 13/10/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi membersihkan lingkungan sekolah freepik.com/brgfxIlustrasi membersihkan lingkungan sekolah

KOMPAS.com – Sekolah merupakan tempat pendidikan dan pengembangan karakter siswa. Sekolah terdiri dari warga sekolah (siswa, guru, serta pegawai sekolah lainnya) dan lingkungan sekolah. Sebagai siswa, kita memiliki kewajiban terhadap lingkungan sekolah.

Menurut Yusuf Syamsu dalam buku Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja (2001) lingkungan sekolah adalah kesatuan ruang dalam lingkup pendidikan formal yang memberi pengaruh pembentukan sikap dan pengembangan potensi siswa.

Apa yang kamu lakukan terhadap lingkungan alam sekolahmu? Berikut kewajiban seorang siswa terhadap lingkungan sekolahnya: 

Membuang sampah pada tempatnya

Kamu tidak boleh membuang sampah sembarang di sekolah. Karena akan menyebabkan lingkungan yang kotor, bau, dan menjadi sarang penyakit.

Kamu harus membuang sampah pada tempat-tempat sama yang tersedia. Jangan lupa untuk secara disiplin memilah sampah mana yang dibuang ke tempat sampah organik dan mana yang dibuang ke tempat sampah anorganik.

Baca juga: Hak-Hak yang Didapat di Sekolah dan Akibatnya jika tidak Terpenuhi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Membersihkan lingkungan sekolah yang kotor

Kamu juga berkewajiban peduli atas lingkungan sekolah dengan cara membersihkan lingkungan yang kotor.

Jangan bersikap acuh ketika ada sampah tergeletak di lorong atau tempat lain di sekolah. Kamu bisa memungut sampah tersebut dan memasukannya ke tempat sampah.

Mengikuti piket sesuai jadwal

Menurut M. Sapriadi dan Siti Hajaroh dalam Stategi Guru dalam Pemebentukan Karakter Peduli Lingkungan bagi Siswa (2019) menyebutkan piket kelas adalah kegiatan siswa membersihkan dan merapikan kelas yang memberikan pendidikan akan pentingnya tanggung jawab, disiplin, dan peduli.

Sehingga kamu semua harus mengikuti jadwal piket sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Piket juga bisa membiasakan kamu berperilaku bersih dan lebih mengenal teman dalam satu kelompok piket yang sama.

Merawat tumbuhan yang ada di sekolah

Merawat tumbuhan juga merupakan kewajiban terhadap lingkungan alam sekolah. Cara merawat tumbuhan adalah menanam tumbuhan, memberikan air juga pupuk, tidak merusak dan menjaga tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah.

Baca juga: Cara untuk Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Sehat

Selalu membersihkan toilet setelah menggunakannya

Salah satu kewajiban yang dianggap remeh adalah membersihkan toilet. Kamu berkewajiban membersihkan kembali toilet setelah menggunakannya.

Selalu menyiram toilet hingga bersih sehingga tidak mengundang penyakit dan bau tak sedap yang menganggu kenyamanan lingkungan sekolah.

Menjaga sarana dan prasarana sekolah

Menurut Barnawi dan M. Arifin dalam buku Manajemen Sarana & Prasaran Sekolah (2014) saran dan prasarana pendidikan mencakup ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berekreasi, serta sumber belajar lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran.

Kamu sebagai siswa, memiliki kewajiban untuk menjaga sarana dan prasana sekolah tersebut. tidak merusaknya, tidak mencorat-coretnya, dan tetap menjaga kebersihannya adalah bentuk dari kewajiban menjaga fasilitas sekolah.

Baca juga: Contoh Tulisan dan Kesimpulan mengenai Pentingnya Kesehatan di Lingkungan Sekolah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.