Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Tulisan dan Kesimpulan mengenai Pentingnya Kesehatan di Lingkungan Sekolah

Kompas.com - 12/10/2021, 17:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kesehatan di lingkungan sekolah sangat wajib untuk diutamakan. Lingkungan sekolah yang sehat akan menciptakan suasana belajar yang nyaman, aman, dan menyenangkan.

Dikutip dari jurnal Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Sikap Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi (2014) oleh Enceng Yana dan Rizka Putri Jayanti, lingkungan sekolah adalah tempat berkumpul bagi guru dan murid untuk melaksanakan proses belajar atau segala hal yang berkaitan dengan pengembangan potensi murid.

Lingkungan sekolah yang sehat tidak hanya memengaruhi suasana belajar, tetapi juga kesehatan orang-orang yang ada di dalamnya, seperti murid, guru, tenaga pendidik dan karyawan sekolah.

Contoh tulisan tentang kesehatan lingkungan di sekolah

Dalam jurnal Inspeksi Kesehatan Lingkungan Sekolah Dasar di Kabupaten Banyuwangi (2018) karya Nur Risca Azizah, dkk, disebutkan bahwa kesehatan di lingkungan sekolah diperlukan untuk menjaga lingkungan sekolah tetap sehat.

Baca juga: Contoh Laporan tentang Kesehatan Manusia

Selain itu, kesehatan di lingkungan sekolah juga ditujukan untuk menciptakan dan mewujudkan perilaku bersih dan sehat bagi murid, guru, tenaga pendidik, serta karyawan. Berikut contoh tulisan atau kesimpulan mengenai pentingnya kesehatan di lingkungan sekolah, yakni:

Sangat penting bagi murid, guru, dan karyawan menjaga kesehatan di lingkungan sekolah. Karena dengan demikian, proses belajar dapat berjalan lancar, nyaman, dan aman.

Kesehatan lingkungan sekolah juga sangat penting untuk dijaga supaya sekolah dan ruang kelas menjadi lingkungan yang kondusif dan nyaman untuk menciptakan proses belajar yang bermutu dan sesuai.

Lingkungan sekolah yang tidak sehat akan menimbulkan dampak negatif. Salah satunya menjadi sumber atau sarang penyakit, sehingga dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan di lingkungan sekolah adalah rajin membersihkan lingkungan dengan kerja bakti, melakukan penanaman pohon atau tanaman, serta membuang sampah pada tempatnya.

Bisa disimpulkan bahwa kesehatan di lingkungan sekolah sangat penting untuk dijaga, demi terciptanya lingkungan sekolah yang kondusif untuk proses belajar. Maka dari itu, mari berupaya untuk menjaga kesehatan di lingkungan sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com