Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Bersih dan rapi itu Diperlukan?

Kompas.com - 12/10/2021, 09:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sikap untuk selalu menjaga kebershan dan kerapihan sudah diajarkan sejak dini. Hal tersebut tentu untuk mendukung hidup sehat. Tahukah kamu mengapa abersih dan rapi diperlukan dalam kehidupan sehari-hari? 

Kebersihan dan kerapian

Berikut adalah alasan mengapa bersih dan rapi itu diperlukan serta manfaatnya: 

Mencegah penyakit

Tubuh dan tempat yang kotor serta berantakan dapat menjadi sarang penuyakit. Dilansir dari Healthline, membersihkan dan merapikan rumah dapat mencegah dan mengurangi bakteri, virus, dan hama (seperti ngengat, gegat, dan kutu busuk) yang dapat membahayakan.

Sehingga kebiasaan hidup yang bersih dan rapi dapat mencegah penyakit dan membuat kita hidup lebih sehat.

Baca juga: Bagaimana Sikap Kita terhadap Perbedaan Pekerjaan?

Menambah fokus dan produktivitas

Berdasarkan situs dari Harvard Business Review, otak kita cenderung menyukai keteraturan dan bahwa pengingat visual yang konstan tentang disorganisasi menguras sumber daya kognitif kita dan mengurangi kemampuan untuk fokus.

Artinya, kerapihan dan kebersihan suatu tempat dapat meningkatkan fokus dan produktivitas kerja. Misalkan ketika sedang bekerja, kita mencari kertas untuk menuliskan suatu ide. Namun, karena ruangan kotor dan berantakan, kertas menjadi sulit ditemukan.

Hal tersebut membuat daya otak terbagi antara mempertahankan ide dengan mencari kertas. Sehingga, tempat yang kotor dan berantakan mengganggu konsentrasi dan menghambat suatu pekerjaan.

Menurunkan stress

Darby E. Saxbe dan Rena Repetti dalam jurnal No Place Like Home: Home Tours Correlate with Daily Patterns of Mood and Cortisol (2009) menemukan bahwa lingkungan rumah yang berantakan (kotor dan tidak rapi) meningkatkan hormon stress kortisol yang dapat menyebabkan kecemasan dan depresi.

Sehingga, bersih dan rapi bisa membuat kita terhindar dari stres, depresi, juga kecemasan. Perilaku bersih dan rapi dapat memberikan ketenangan bagi seseorang.

Baca juga: Contoh Sikap Mengakui Persamaan Derajat Antarmanusia

Nyaman dan indah dilihat

Seseorang yang berpenampilan bersih dan rapi cenderung lebih indah dilihat, begitu juga dengan ruangan dan lingkungan yang bersih dan rapi. Tempat yang rapi dan bersih juga lebih nyaman ditinggali daripada tempat yang kotor dan berantakan.

Menumbuhkan sikap tanggung jawab

Menjaga kebersihan baik pada diri sendiri, maupun lingkungan sekitar, terutama setelah melakukan kegiatan, dapat menumbuhkan rasa bertanggung jawab.

Kebiasaan membersihkan sesuatu setelah mengotorinya, menumbuhkan rasa tanggung jawab yang penting dalam kehidupan manusia.

Menumbuhkan sikap disiplin

Selain menaumbuhkan sikap tanggung jawab, bersih dan rapi juga menumbuhkan sikap disiplin. Merapikan sesuatu sesuai dengan tempatnya semula, membiasakan seseorang untuk hidup lebih rapi dan terorganisir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com