Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara untuk Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Sehat

Kompas.com - 12/10/2021, 18:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lingkungan sekolah yang sehat pasti membuat nyaman semua orang. Untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, harus ada usaha dari para murid, guru, dan juga seluruh warga sekolah.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lingkungan diartikan sebagai daerah atau kawasan yang termasuk di dalamnya. Sementara itu, sehat adalah suatu hal yang mendatangkan kebaikan pada badan.

Bisa disimpulkan, lingkungan sehat adalah kondisi daerah yang mendatangkan kebaikan pada badan, atau tidak menyebabkan masalah, baik untuk kesehatan ataupun hal lainnya.

Menurut R. Sihadi Darmo Wihardjo dan Henita Rahmayanti dalam buku Pendidikan Lingkungan Hidup (2021), lingkungan yang sehat akan menciptakan kesehatan, memberi suasana tenang, dan rasa nyaman.

Maka dari itu sudah menjadi kewajiban setiap orang untuk menciptakan lingkungan yang sehat, termasuk lingkungan sekolah.

Baca juga: Cara Agar Lingkungan Sehat dan Terhindar dari Bencana Alam

Lingkungan sekolah yang sehat

Mengutip dari buku Keperawatan Komunitas (2020) karya Martina Pakpahan, dkk, lingkungan sekolah yang sehat akan sangat mendukung proses belajar serta membantu siswa dan guru terhindar dari perilaku negatif.

Berikut beberapa cara menciptakan lingkungan sekolah yang sehat:

  • Menaati peraturan sekolah

Agar lingkungan sekolah yang sehat dapat tercipta, kita harus menaati peraturan sekolah yang ada. Misalnya memakai baju seragam yang tepat sesuai jadwal.

Apabila peraturan ditaati, lingkungan sekolah yang sehat dapat tercipta. Karena semua warganya mematuhi peraturan, sehingga kondisi sekolah terasa aman, nyaman, dan tertib.

  • Melakukan penghijauan di area sekolah

Penanaman pohon atau tanaman menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat. Karena udara akan terasa lebih sejuk dan terhindar dari polusi.

Baca juga: Alasan Pola Hidup Sehat Harus Dilakukan oleh Manusia

  • Saling menghormati, saling membantu dan saling menghargai

Dalam lingkungan sekolah, sangat penting untuk saling menghormati, membantu, dan saling menghargai antarteman, maupun antara murid dengan guru, atau sebaliknya.

  • Melakukan kerja bakti

Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah perlu dilakukan supaya kebersihan dan keasrian lingkungan tetap terjaga. Sehingga sangat aman dan nyaman untuk proses belajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com