Kompas.com - 06/10/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi bidang kajian ekonomi mikro freepik.com/rawpixel.comIlustrasi bidang kajian ekonomi mikro

KOMPAS.comEkonomi mikro merupakan salah satu bagian dari ilmu ekonomi. Dalam bidang keilmuan, ekonomi mikro terdiri atas beberapa bidang kajian.

Menurut Ida Nuraini dalam buku Pengantar Ekonomi Mikro (2016), ekonomi mikro mempelajari aktivitas dari unit-unit ekonomi, seperti pembeli, penjual, dan pemilik usaha, atau antara produsen serta konsumen.

Dengan demikian, bidang kajian ekonomi mikro hanya sebatas pada aktivitas yang dilakukan oleh unit-unit ekonomi tersebut. Walau begitu, ekonomi mikro berperan sangat penting dalam penentuan harga barang dan jasa di pasar.

Bidang kajian ekonomi mikro

Dilansir dari situs Investopedia, ekonomi mikro berkaitan dengan produksi dan harga pasar, yang mana hal ini dilakukan oleh unit-unit ekonomi tersebut, seperti produsen dan konsumen.

Baca juga: Ekonomi Mikro: Pengertian, Ruang Lingkup dan Teorinya

Berikut ini yang merupakan bidang kajian ekonomi mikro adalah bagaimana caranya menjaga harga tetap stabil dan terjangkau pada kondisi tertentu, melakukan permintaan serta penawaran atas barang dan jasa, dan masih banyak lagi.

Sebagai bagian dari ilmu ekonomi, ekonomi mikro mengkaji beberapa hal, yakni:

  1. Mengkaji perilaku konsumen, pemilik sumber-sumber ekonomi, serta produsen.
  2. Mengkaji arus perputaran barang dan jasa mulai dari produsen hingga akhirnya sampai di tangan konsumen.
  3. Mengkaji bagaimana harga barang dan jasa bisa terbentuk.
  4. Mengkaji cara yang dilakukan produsen dalam menentukan tingkat produksi agar mendapat keuntungan yang maksimum.
  5. Mengkaji bagaimana konsumen atau rumah tangga dalam memanfaatkan pendapatan atau penghasilannya yang terbatas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti membeli barang dan menggunakan jasa.

Mengutip dari buku Ekonomi Makro (2016) karya Ali Ibrahim Hasyim, dalam mengkaji beberapa hal, ekonomi mikro menekankan pada analisis untuk membuat sejumlah pilihan.

Baca juga: Penerapan Ekonomi Mikro di Indonesia

Tujuannya untuk mewujudkan efisiensi penggunaan sumber daya serta mencapai kepuasaan maksimum.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa bidang kajian ekonomi mikro berfokus pada kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh unit ekonomi, yakni antara produsen dan konsumen, atau pembeli, penjual, serta pemilik usaha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.