Kompas.com - 06/10/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi kegunaan SEO freepik.com/rawpixel.comIlustrasi kegunaan SEO

KOMPAS.com – Di jaman modern ini, internet menjadi suatu hal yang digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak website dan juga blog yang bisa dicari di internet. Namun, yang muncul teratas adalah website atau blog yang memerhatikan SEO. Apakah kegunaan seo?

Pengertian SEO

Untuk mengetahui kegunaan SEO, kita harus memahami pengertiannya terlebih dahulu. SEO merupakan singkatan dari search engine optimization atau jika dalam bahasa Indonesia berarti optimisasi mesin pencari.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, mesin pencari (search engine) adalah program komputer untuk menemukan jawaban atas suatu kueri dalam kumpulan informasi yang terdaftar di web. Contoh mesin pencari yang sering digunakan adalah Google, Yahoo, dan Microsoft Bing.

Menurut P. Kent dalam buku Search Engine Optimization for Dummies (2006) menyebutkan SEO adalah teknik untuk mendapatkan posisi yang menguntungkan di mesin pencari (search engine) sesuai dengan kata kunci yang terkandung dalam halaman website.

Baca juga: Apa itu Internet of Things?

Dwi Budi Santoso dalam jurnal Pemanfaatan Teknologi Search Engine Optimazion sebagai Media untuk Meningkatkan Popularitas Blog wordpress (2009) mengatakan bahwa SEO merupakan serangkaian proses yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan memlaui mesin pencari menuju situs website tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapat disimpulkan bahwa SEO adalah teknik mengoptimasi kemunculan suatu website atau blog dalam suatu mesin pencari berdasarkan suatu kata kunci.

Ilustrasi kegunaan SEOfreepik.com/pch.vector Ilustrasi kegunaan SEO
Kegunaan SEO

Kegunaan SEO adalah agar suatu website atau blog muncul di bagian teratas, atau minimal di halaman pertama ketika suatu kata kunci diketikkan dalam mesin pencari.

Misalnya, ketika mencari sesuatu melalui Google. Kata kunci baik berupa suatu kata atau kalimat diketikkan di Google. Google lalu akan menampilkan daftar website yang memuat kata kunci tersebut. Google akan menampilkan semua website atau blog yang mengandung kata kunci tersebut.

Namun, website pada halaman pertama adalah website yang bisa mengoptimalkan kata kunci tersebut melalui SEO. Dan website pada daftar teratas adalah website yang paling optimal dalam kata kunci tersebut.

Baca juga: Internet Safety: Pengertian, Ciri-Ciri dan Manfaatnya

Misalkan kamu mengetikkan kata kunci “kenapa flamingo berwarna pink?” di Google. Google kemudian akan menampilkan daftar website yang mengandung kata kunci tersebut pada halaman pertama.

Jika terus ditelusuri, Google memberikan lebih dari sepuluh halaman daftar website yang mengandung kata kunci tersebut.

Namun, orang cenderung akan memiliki website teratas di halaman pertama untuk dikunjungi. Sehingga website tersebut akan lebih sering dikunjungi dibandingkan dengan website lainnya.

Kebalikannya, jika suatu website ada di halaman ke dua atau lebih, orang cenderung tidak mengunjungi website tersebut.

SEO digunakan website untuk berada di daftar teratas pencarian mesin pencari, agar pembaca mengunjungi website mereka.

Semakin sering suatu website muncul di halaman teratas mesin pencari, maka akan semakin banyak pengguna internet yang membuka website tersebut. Begitulah cara kerja SEO untuk meningkatkan traffic atau kunjungan pengguna internet pada suatu website atau blog.

 Baca juga: Mengenal ISP (Internet Service Provider)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.