Kompas.com - 13/10/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi kewajiban kita terhadap Tuhan freepik.com/storiesIlustrasi kewajiban kita terhadap Tuhan

KOMPAS.com – Pancasila merupakan ideologi dan pedoman hidup bangsa Indonesia. Sila pertama dalam Pancasila berbunyi “Ketuhanan yang Maha Esa”.

Artinya kita harus menjalan kewajiban terhadap Tuhan dalam kehidupan, termasuk lingkungan sekolah. Berikut kewajiban seorang siswa terhadap Tuhan yang berhubungan dengan lingkungan sekolah: 

Bersikap jujur

Suparman dalam jurnal Studi Perbedaan Kualitas Sikap Jujur Siswa Kelas III SMTA Negeri Kota Madiun (2011) menyebutkan bahwa agama sangat menekankan perilaku jujur kepada seluruh umat manusia.

Sehingga kamu harus bersikap jujur di lingkungan sekolah sebagai penunaian kewajiban kepada Tuhan. Contoh sikap jujur adalah tidak berbohong pada guru maupun teman serta tidak menyontek dalam mengerjakan ujian, tugas, dan juga pekerjaan rumah.

Baca juga: Contoh Kegiatan Sekolah yang Membutuhkan Gotong Royong

Bersikap bijaksana dan sabar

Tuhan mewajibkan setiap umatnya untuk bersikap bijaksana dan sabar dalam menghadapi segala macam permasalahan. Di lingkungan sekolah, kamu harus bersikap bijaksana terhadap sesama teman untuk menghindari pertengkaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kamu juga perlu bersikap sabar dalam menghadapi kesulitan di sekolah. Sikap sabar juga diperlukan ketika sedang belajar. Ketika suatu pejaran dirasa sulit, kamu harus bersabar dan terus belajar hingga paham.

Berdoa sebelum dan sesudah belajar

Salah satu kewajiban kamu terhadap Tuhan di lingkungan sekolah adalah berdoa sebelum belajar agar diberi kelancaran saat belajar. Setelah belajar juga kamu wajib berdoa agar diberikan pemahaman dan juga sebagai bentuk rasa bersyukur terhadap ilmu yang didapatkan.

Melakukan ibadah

Tetap melakukan ibadah ketika berada dalam lingkungan seolah merupakan bentuk pemenuhan kewajiban terhadap Tuhan. Kamu juga harus menghormati teman yang sedang beribadah, walaupun agamanya berbeda.

Baca juga: Contoh Sikap Tanggung Jawab Siswa di Sekolah

Bersikap penuh kasih sayang kepada sesama

Setiap agama di dunia mengajarkan kasih sayang kepada sesama. Sehingga untuk melaksanakan kewajiban kepada Tuhan, kita harus bersikap penuh kasih sayang kepada siapa pun yang ada di lingkungan sekolah.

Menurut M. Syahan Jailani dalam jurnal Kasih Sayang dan Kelembutan dalam Pendidikan (2013), kasih sayang adalah perasaan cinta sesama manusia, baik kepada dirinya sendiri maupun orang lain. Bersikap penuh kasih sayang dapat dilakukan dengan cara:

  • Bersikap ramah kepada teman, guru, dan semua pegawai sekolah
  • Berbicara dengan sopan dan lembut (tidak berbicara kasar dan menyakitkan hati)
  • Menolong teman yang membutuhkan bantuan
  • Meminjamkan alat tulis pada teman yang tidak membawanya
  • Memperlakukan semua teman dengan baik tanpa membeda-bedakannya

Merawat tumbuhan yang ada di sekolah

Selain harus mengasihi sesama, agama juga mengajarkan agar setiap umatnya menyayangi makhluk hidup. Sehingga merawat tumbuhan di sekolah juga merupakan penuaian kewajiban terhadap Tuhan di lingkungan sekolah.

Menyiram tanaman, menanam tanaman dalam pot, membersihkan tanaman dari sampah, dan tidak merusak tanaman adalah contoh cara merawat tumbuhan di sekolah.

Baca juga: Masalah Sosial di Lingkungan Sekolah

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah

Semua agama mengajarkan kebersihan. Sehingga menjaga kebersihan di lingkungan sekolah merupakan perwujudan kewajiban pada Tuhan. Menjaga kebersihan sekolah dapat dilakukan dengan cara:

  • Tidak membuang sampah sembarangan
  • Memungut sampah yang berserakan di lingkungan sekolah
  • Melakukan piket sesuai jadwal
  • Membersihkan meja sekolah sebelum pulang
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.