Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Memiliki Teman dengan Keterampilan Berbeda

Kompas.com - 27/09/2021, 12:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam suatu lingkungan pertemanan, tidak semua teman memiliki keterampilan yang sama.

Beberapa teman memiliki keterampilan yang berbeda satu sama lain. Apa manfaat dari memiliki teman dengan keterampilan yang berbeda?

Manfaat memiliki teman dengan keterampilan berbeda adalah kita bisa belajar keterampilan yang baru. Jika dalam suatu lingkarang pertemanan, semua orang memiliki keterampilan yang berbeda. Maka, kita bisa belajar keterampilan satu-sama lain.

Manfaat memiliki teman dengan keterampilan berbeda

Manfaat lain memiliki teman dengan keterampilan berbeda adalah:

  • Mengembangkan keterampilan baru

Jennifer Flashman dalam jurnal Academic Achievement and Its Impact on Friend Dinamics (2012), teman memberikan dukungan dan sumber daya yang menorong proses pendidikan pada anak.

Teman dengan keterampilan berbeda dapat memiliki sumber daya dan dukungan yang dapat membantu kita untuk mengembangkan keterampilan baru.

Baca juga: Manfaat dari Memiliki Teman dengan Keterampilan yang Sama

Mempelajari keterampilan baru dari seorang teman, lebih mudah dilakukan karena berteman meningkatkan suasana hati yang baik.

Selain belajar keterampilan baru, berteman juga mengembangkan keterampilan sosial. Teman dengan keterampilan berbeda memiliki cara pandang, pola pikir, dan kebiasaan yang berbeda pula, sehingga sering terjadi perbedaan dalam persahabatan.

Perbedaan tersebut melahirkan suatu pengalaman. Gary C. Glick dan Amanda J. Rose dalam jurnal Prospective Associations Between Friendship Adjustment and Social Strategies: Friendship as a Context for Building Social Skills (2011) menyebutkan bahwa pengalaman persahabatan tersebut mengembangkan keterampilan sosial seorang anak.

Misalnya kemampuan diskusi, toleransi, memaafkan, cara menyenangkan orang lain dan diri sendiri, serta cara menyesuaikan diri dalam lingkungan sosial. Membuat anak lebih siap untuk terjun ke masyarakat.

  • Meningkatkan kemampuan belajar

Berteman dengan orang yang memiliki keterampilan berbeda, meningkatkan kemampuan belajar seorang anak.

Hal tersebut karena teman dengan kemampuan berbeda meningkatkan motivasi untuk belajar, memberikan suasana menyenangkan, dan memiliki ilmu yang bisa dibagikan juga bisa menyampaikannya dengan cara yang lebih mudah dipahami tanpa adanya tekanan.

Baca juga: Contoh-Contoh Kewajiban Kamu di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat

  • Mendorong pemikiran yang terbuka

Teman dengan keterampilan yang berbeda dapat mendorong kita untuk memiliki pemikiran yang terbuka.

Hal tersebut dikarenakan keterampilan yang berbeda, melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda pula. Hal tersebut melahirkan ide baru dan konsep berpikir kritis untuk memecahkan masalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com