Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedologi: Pengertian Para Ahli dan Ruang Lingkupnya

Kompas.com - 04/06/2021, 14:10 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pedologi berkaitan dengan seluruh aspek tanah, termasuk sifat fisik dan kimianya. Pedologi berfokus pada penelitian serta pemetaan tanah.

Melansir dari Encyclopaedia Britannica, pedologi adalah salah satu disiplin ilmu yang mempelajari seluruh aspek tanah, peran organisme, karakter tanah, deskripsi serta pemetaan tanah, dan asal usul pembentukan tanah.

Pengertian pedologi menurut para ahli

Secara etimologi, pedologi berasal dari Bahasa Yunani, yakni ‘pedon’ yang berarti tanah serta ‘logos’ berarti pengetahuan. Maka dapat diartikan jika pedologi ialah pengetahuan atau ilmu yang mempelajari tentang tanah.

Dalam penjelasan tentang definisi pedologi, beberapa para ahli telah mengemukakan pendapatnya. Berikut penjelasannya:

  • Gardiner dan Miller:

Dikutip dari buku Ilmu Tanah: Dasar-dasar dan Pengetahuan (2016) karya Muhajir Utomo, dkk, Gardiner dan Miller mendefinisikan pedologi sebagai ilmu yang mempelajari tanah dan bagian dari entitas geologi. Lebih spesifiknya, tentang asal usul, morfologi, geografi serta taksonomi tanah.

Baca juga: Peran Mikroorganisme Tanah

  • The Soil Science Society of America

Pedologi diartikan sebagai salah satu cabang disiplin ilmu yang mempelajari tanah serta pelapukannya, mulai dari profil tanah hingga proses pelapukannya.

  • Garrison Sposito dan Robert J. Reginato

Dalam buku Pedology: The Science of Soil Development (1992) karya Garrison Sposito dan Robert J. Reginato, disebutkan jika dalam terminologi modern, pedologi adalah cabang ilmu tanah yang menggabungkan serta menghitung formasi, morfoloi serta klasifikasi tanah sebagai bagian dari bentang alam.

Ruang lingkup pedologi

Dilansir dari laman Leverage Edu, ruang lingkup ilmu pedologi mencakup beberapa hal yang berkaitan dengan aspek multidimensi tanah. Karena pedologi bertujuan untuk mengkaji secara lebih mendalam tentang tanah.

Jika ditelusur lebih dalam, ruang lingkup pedologi mencakup:

  1. Sifat fisik dan kimia dari tanah
  2. Peran organisme dan pengaruhnya dengan tanah
  3. Karakter tanah serta dampak organismenya
  4. Asal usul tanah serta pembentukannya

Baca juga: Mengapa Polutan Tanah Berupa Zat Organik Mudah Menyatu dengan Tanah?

Dalam mengkaji ruang lingkupnya ini, para pedologist (sebutan bagi orang yang menggeluti bidang pedologi) melakukannya dengan pendekatan interdisipliner, seperti mikrobiologi tanah, kajian kimia tanah serta kajian fisika tanah.

Pendekatan ini digunakan supaya kajian tentang ilmu tanah bisa dirinci secara lebih mendalam atau spesifik dengan data yang valid serta sesuai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com