Kompas.com - 04/06/2021, 13:32 WIB
Ilustrasi Gejala Sosial SHUTTERSTOCK/ICO MAKERIlustrasi Gejala Sosial

KOMPAS.comGejala sosial dapat mempengaruhi tingkah laku individu dalam suatu masyarakat. Timbulnya gejala sosial di lingkungan masyarakat menjadi salah satu pertanda munculnya masalah sosial.

Secara garis besar, gejala sosial bisa memberikan dampak positif dan negatif. Contoh dampak positifnya ialah muncul modernisasi.

Sedangkan contoh dampak negatifnya bisa memunculkan berbagai permasalahan sosial, seperti pengangguran dan kemiskinan.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan gejala sosial?

Definisi gejala sosial

Menurut Soerjono Soekanto dalam Sosiologi: Suatu Pengantar (1999), gejala sosial merupakan salah satu penyebab terjadinya masalah sosial yang disebabkan oleh lingkungan masyarakat. 

Baca juga: Bentuk Mobilitas Sosial dan Contohnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapat diartikan juga, bahwa gejala sosial adalah fenomena yang ditandai dengan adanya permasalahan sosial dalam masyarakat. 

Mengutip dari Pengantar Sosiologi Politik (2013) karya Elly M. Setiadi dan Usman Kolip, gejala sosial lumrah dijumpai dalam hubungan sosial ataupun interaksi sosial, yang memungkinkan perilaku individu dipengaruhi oleh individu lainnya.

Penyebab dan contoh gejala sosial

Gejala sosial dapat mencakup beberapa aspek yang ada di masyarakat. Misalnya ekonomi, gejala sosial yang muncul ialah adanya beberapa kelompok masyarakat yang tidak mampu mencukupi kebutuhannya, sehingga menimbulkan permasalahan sosial berupa kemiskinan dan pengangguran.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, gejala sosial juga bisa menimbulkan dampak positif untuk masyarakat.

Contohnya modernisasi, karena keterbukaan pemikiran masyarakat serta kemampuan individu untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan sosial.

Baca juga: Dampak Kemajuan Teknologi di Bidang Sosial dan Budaya

Apabila dilihat dari penyebabnya, gejala sosial bisa disebabkan oleh dua faktor, yakni:

  1. Faktor kultural
    Adalah nilai yang tumbuh, berkembang dan diterapkan di lingkungan masyarakat. Nilai ini dipengaruhi dan mempengaruhi kehidupan masyarakat. Contohnya adalah gotong royong atau kerja bakti yang memiliki dampak positif. Contoh lainnya ialah kemiskinan dan perilaku menyimpang yang merugikan masyarakat.
  2. Faktor struktural
    Adalah suatu keadaan di masyarakat yang dapat mempengaruhi struktur. Dalam hal ini, struktur yang dimaksud ialah pola tertentu yang telah disusun masyarakat. Contohnya interaksi sosial dengan orang lain dan adanya penyuluhan sosial.


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X