Kompas.com - 03/06/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi cara menghargai ilmu pengetahuan freepik.com/pch.vectorIlustrasi cara menghargai ilmu pengetahuan

KOMPAS.com - Manusia berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan pertumbuhan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi).

Dilansir dari Oxford Reference, ilmu pengetahuan adalah studi sistematis tentang struktur dan perilaku dunia melalui pengamatan dan eksperimen.

Sedangkan teknologi adalah penerapan ilmu pengetahuan untuk dapat digunakan secara praktis oleh manusia.

Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan dasar bagaimana manusia dapat berkembang dari manusia purba di jaman prasejarah menjadi manusia modern sekarang ini. Dengan adanya IPTEK manusia bisa mengetahui banyak hal dan membangun peradaban.

Penjelasan tentang bagaimana suatu peristiwa alam terjadi, cara memanfaatkan sumber daya alam, cara membangun dan memerintah suatu negara, pembuatan obat bagi penyakit berbahaya, hingga pembuatan alat-alat canggih seperti mobil, kereta cepat, wi-fi, ponsel pintar, dan aplikasi di dalamnya.

Baca juga: Contoh Analisis, Klasifikasi, dan Definisi dalam Ilmu Pengetahuan Logika

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara menghargai ilmu pengetahuan 

Mengingat pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan manusia, berikut cara menghargai ilmu pengetahuan: 

  • Menerapkan teknologi untuk kemaslahatan manusia

Cara menghargai ilmu pengetahuan dan teknologi yang pertama dan paling mendasar adalah menerapkan teknologi untuk kemaslahatan atau kebaikan manusia.

Kita harus menggunakan teknologi sebaik mungkin dan menghindari penyimpangan di dalamnya.

Manusia dapat menamfaatkan mobil untuk transportasi dengan tetap mematuhi peraturan lalu lintas serta menggunakan ilmu kehutanan dan pertanian untuk menghijaukan kembali hutan yang gundul atau terumbu karang yang rusak.

Selain itu juga menggunakan situs pencarian untuk mencari informasi yang bermanfaat, dan menggunakan media sosial untuk menyebarkan ilmu pengetahuan juga kebaikan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X