Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Letusan Gunung Terdahsyat di Dunia

Kompas.com - 13/03/2021, 11:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gunung merupakan bukit yang sangat besar dan tinggi. Biasanya gunung memiliki ketinggian lebih dari 600 meter.

Setiap gunung berapi dan aktif di dunia memiliki kandungan magma yang bisa keluar sewaktu-waktu. Kandungan magma tersebut dikeluarkan lewat letusan gunung, bersamaan dengan material seperti bebatuan, awan panas, dan lain sebagainya.

Letusan gunung membawa dampak bagi kehidupan warga sekitarnya. Tidak sedikit warga yang harus mengungsi karena dampak letusannya dinilai sangat membahayakan.

Sejarah mencatat, jika ada beberapa letusan gunung berapi yang sangat berbahaya karena kedahsyatan letusannya. Apa sajakah itu?

Gunung Tambora, Indonesia (1815)

Dilansir dari situs Volcano Discovery, letusan Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, Indonesia, pada 1815, merupakan letusan gunung terdahsyat di planet bumi selama kurun waktu sepuluh ribu tahun terakhir.

Saat meletus, Gunung Tambora mengeluarkan 50 kilometer kubik magma dari dalam perutnya. Setelah itu, terbentuklah kaldera selebar enam kilometer dengan kedalaman 1.250 meter.

Baca juga: Usaha untuk Menanggulangi Dampak dari Bencana Gunung Meletus

Letusan Gunung Tambora menewaskan lebih dari seratus ribu orang serta mengakibatkan perubahan iklim secara global. Dahsyatnya letusan membuat dampak berkepanjangan secara global.

Tahun 1816 dikenal sebagai 'tahun tanpa musim panas' di negara Eropa. Karena debu aerosol dari Gunung Tambora menutupi atmosfer dan sinar matahari. Hal ini menyebabkan penurunan suhu bumi hingga 3º Celcius.

Selain tahun tanpa musim panas, letusan Gunung Tambora juga menyebabkan ratusan ribu orang mati kelaparan dan gagal panen. Para ahli memperkirakan bahwa letusan Tambora juga mengakibatkan tsunami besar setinggi 10 meter.

Gunung Vesuvius, Italia (79 Masehi)

Ilustrasi letusan Gunung Vesuvius digambar oleh Pietro Fabris di tahun 1760.Wellcome Images Ilustrasi letusan Gunung Vesuvius digambar oleh Pietro Fabris di tahun 1760.
Gunung Vesuvius di Italia, pernah beberapa kali meletus. Namun, letusannya pada 79 Masehi disebut-sebut sebagai letusan paling dahsyat.

Pada 24 Agustus, Gunung Vesuvius memuntahkan kandungan magma, gas beracun dan material lain. Akibatnya Kota Pompeii dan Herculaneum terkubur debu selama 1.600 tahun. Diperkirakan letusan gunung ini menelan 16 ribu lebih korban jiwa.

Baca juga: Proses Meletusnya Gunung Berapi

Mengutip dari situs Australian Geographic, Kota Pompeii dan Hercualeum baru bisa ditemukan pada 1595 setelah penggalian beribu-ribu tahun. 

Gunung Krakatau, Indonesia (1883)

Menurut Yusup Somadinata dalam buku 1000+ Bencana Terburuk di Dunia (2015), letusan Gunung Krakatau pada 1883 memiliki kekuatan daya ledak setara dengan 30.000 bom atom yang diledakkan pada Perang Dunia II, tepatnya di Hiroshima dan Nagasaki.

Gunung Krakatau meletus pada 26 dan 27 Agustus 1883. Diperkirakan lebih dari 36.000 jiwa meninggal dunia akibat terjangan awan panas dan tsunami terdahsyat di kawasan Samudra Hindia saat itu.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com