Kompas.com - 13/03/2021, 09:01 WIB
Kota Romawi kuno Thamugadi di timur laut Aljazair, didirikan oleh Trajan pada tahun 100 Masehi. britannica.comKota Romawi kuno Thamugadi di timur laut Aljazair, didirikan oleh Trajan pada tahun 100 Masehi.

KOMPAS.com - Peradaban Yunani Kuno dan Romawi Kuno menjadi akar munculnya peradaban barat. Keduanya sama-sama memiliki andil besar bagi perkembangan dunia saat ini.

Contohnya seni lukis mengalami perkembangan pesat pada zaman Yunani Kuno, ditandai dengan munculnya perspektif visual tiga dimensi. Seni lukis juga sangat berkembang pesat pada zaman Romawi Kuno, yang menjadi awal mula seni lukis modern.

Peradaban Yunani Kuno serta Romawi Kuno merupakan contoh peradaban terbesar di dunia. Banyak hasil atau karyanya yang bisa dinikmati hingga saat ini. Sebagai salah satu peradaban dunia terbesar, Yunani Kuno dan Romawi Kuno memiliki beberapa perbedaan yang spesifik.

Tahukah kamu apa perbedaan antara peradaban Yunani Kuno dengan Romawi Kuno?

Peradaban Yunani Kuno

Menurut Erwin Adi Putranto dalam buku Seri Peradaban Besar Dunia Yunani Kuno (2019), peradaban Yunani Kuno diperkirakan berlangsung selama kurang lebih seribu tahun dan berakhir saat agama Kristen muncul.

Sebagian besar para sejarawan menganggap jika peradaban ini merupakan akar atau awal mula munculnya Peradaban Barat. Tidak hanya itu, Yunani Kuno juga sangat berpengaruh pada peradaban Romawi Kuno.

Letak geografis kepulauan utama Yunani terletak di bagian selatan Semenanjung Balkan. Pulau Kreta menjadi pulau terbesar dengan posisi yang sangat strategis di Yunani. Tidak hanya itu, Pulau Kreta juga menjembatani antara budaya Asia, Afrika serta Eropa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Peradaban Yunani Kuno

Peradaban Kreta atau Minoa menjadi salah satu bagian dari peradaban Yunani Kuno. Nama 'Kreta' diambil dari nama pulaunya. Nama 'Minoa' diambil dari nama rajanya yang memimpin, yakni Minos.

Saat itu, karya tulis tidak berkembang pesat dalam peradaban Minoa. Namun, pembuatan kerajinan serta seninya sangat berkembang. Contohnya pembuatan tembikar serta seni lukis.

Peradaban Romawi Kuno

Mengutip dari buku Romawi Kuno (2019) karya Wilujeng D., letak geografis Romawi berada di Semenanjung Apenina atau yang sekarang dikenal dengan Italia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.