Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Musik Dangdut

Kompas.com - 27/01/2021, 17:43 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Musik populer Indonesia yang akar budayanya berasal dari musik Melayu dan musik India adalah musik dangdut.

Siapa yang tidak mengenal musik dangdut? Jenis musik ini bisa ditemui dengan mudah di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, penggemar musik dangdut tidak hanya dari kalangan orang tua saja, namun kini anak muda banyak yang menjadi penggemar musik dangdut.

Musik dangdut merupakan perpaduan musik lokal khas Indonesia dengan musik film India dan Malaysia, serta musik rock Barat.

Perpaduan gaya ini digunakan pertama kali di Jakarta, sekitar akhir tahun 1960-an. Kemudian gaya ini mencapai puncak popularitasnya pada tahun 1970-an serta 1980-an.

Mengutip dari Encyclopaedia Britannica, musik dangdut muncul pada abad ke-20. Bermula dari keinginan musisi muda Indonesia untuk membuat musik modern yang menarik berbagai kalangan.

Dilansir dari situs Institut Teknologi Padang, musik dangdut lahir dari pengaruh musik India dalam film Bollywood yang berjudul ‘Boneka India’.

Sekitar tahun 1950-an, film Bollywood ini sangatlah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pada 1968, Rhoma Irama merupakan salah satu pelopor musik dangdut di Indonesia.

Baca juga: Sejarah Musik Pop

Secara perlahan, musik ini mulai dikenal oleh publik secara luas sekitar 1970-an. Tidak hanya dipengaruhi oleh musik India, musik dangdut juga dipengaruhi oleh musik Arab, khususnya pada bagian cengkok serta harmonisasi nadanya.

Pada 1970 hingga 1980, musik dangdut menjadi primadona genre musik yang sangat diminati oleh warga Indonesia. Awalnya kisah dalam lagu dangdut berangkat dari kisah romantis.

Namun, semakin lama musik dangdut juga turut membahas berbagai isu sosial serta mengajak pendengar untuk senantiasa mengingat ajaran agama Islam.

Rhoma Irama adalah sosok yang mempopulerkan dangdut hingga ia dijuluki "Raja Dangdut".

Ketenaran musik dangdut pernah membuat musik ini dilarang pemerintah untuk disiarkan di radio serta televisi pemerintah.

Pada 1990-an pemerintah menganggap jika musik merupakan salah satu lambang penting dalam pembangunan Indonesia serta menghilangkan batasan yang mungkin pernah ada sebelumnya.

Walau kini ketenaran musik dangdut tidak seheboh yang dulu, tetapi musik dangdut masih sangat digemari. Tidak hanya oleh masyarakat Indonesia saja, namun juga oleh masyarakat internasional.

Selain Rhoma Irama, musisi dangdut legendaris lainnya yakni Elvy Sukaesih, Meggy Z, Caca Handika, Mansyur S, Evie Tamala, Ida Laila, Iis Dahlia, Ikke Nurjanah, Inul Daratista, hingga Via Vallen dan Nella Kharisma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com