Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UAS Biologi: Pengertian, Struktur, dan Susunan DNA

Kompas.com - 18/12/2020, 16:36 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - DNA merupakan suatu molekul yang dibentuk dari dua rantai polinukleotida yang dililit mengitarinya yang membentuk suatu heliks ganda.

Seperti dilansir dari MedlinePlus, DNA berperan penting dalam genetika untuk menyusun ciri khas masing-masing makhluk hidup. Namun, sebelum mengetahui kegunaan DNA, terutama dari sisi genetika. Apakah kamu sudah mengetahui singkatan dari DNA itu sendiri?

Apa sebenernya yang menyusun suatu DNA? Juga, apakah kamu tahu siapa penemu DNA? Untuk menjawabnya, mari simak pembahasannya berikut.

Soal dan Pembahasan

1. Apakah itu DNA dan dimanakah letaknya dalam sel?

Jawaban:

DNA atau ADN adalah singkatan dari asam deoksibonukleat (ADN) yang merupakan suatu materi berisi informasi genetik yang dimiliki makhluk hidup.

Baca juga: Soal UAS Biologi: Replikasi DNA

 

DNA menyimpan segala macam informasi fisik seperti tekstur dan warna rambut, warna mata, tinggi badan, bentuk hidung, hingga penyakit menurun. Informasi genetik dalam DNA bisa diturunkan dari orang tua ke anaknya secara turun-menurun.

DNA terdapat didalam inti sel makhluk hidup, tersimpan dengan rapi didalamnya dan tidak bisa keluar dari membran inti sel.

2. Siapakah penemu DNA untuk pertama kalinya?

Jawaban:

DNA pertama kali ditemukan pada tahun 1869 oleh ahli fisiologi asal swiss yaitu Friedrich Miescher. Namun, struktur DNA pertama kali ditemukan oleh James Watson, Francis Crick, Maurice Wilkins, dan Rosalind Franklin pada tahun 1953.

3. Jelaskan tiga komponen dasar penyusun DNA!

Jawaban:

  • Gugus Fosfat

Gugus fosfat berfungsi sebagai tulang punggung dari DNA, dimana gugus fosfat membentuk rangka yang sangat panjang.

Baca juga: DNA: Pengertian, Struktur, dan Susunan nya

  • Gula Deoksiribosa

Gula deoksiribosa adalah penghubung antara basa nitrogen dengan gugus fosfat. Gula deoksiribosa menghubungkan purin dam pirimidin dan mengubahnya menjadi nukleotida.

  • Basa Nitrogen

Basa nitrogen terdiri dari basa purin yaitu adenin dan guanin, serta basa pirimidin yaitu sitosin dan urasil. Basa nitrogen adenin hanya akan terikat dengan basa nitrogen timin, sedangkan sitosin hanya akan berikatan dengan guanin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com