Kompas.com - 18/12/2020, 16:37 WIB
Ilustrasi sumber nitrogen manusia berasal dari makanan yang mengandung protein. Seperti ikan, daging, kacang-kacangan, susu dan lain sebagainya. SHUTTERSTOCK/margouillat photoIlustrasi sumber nitrogen manusia berasal dari makanan yang mengandung protein. Seperti ikan, daging, kacang-kacangan, susu dan lain sebagainya.

KOMPAS.com - Protein nabati dan hewani merupakan protein yang masing-masing bersumber pada tumbuhan dan hewan. Namun, secara ilmiah, manakah dari kedua protein tersebut yang lebih memberikan keuntungan pada tubuh?

Hal tersebut tentu saja berhubungan erat dengan asam amino. Berkaitan dengan hal tersebut, berdasarkan proses sintesisnya, asam amino dibagi menjadi dua: non esensial dan esensial. Apa perbedaan yang mendasarinya? Mari perhatikan pembahasan nya berikut ini! 

Soal dan Pembahasan

1. Mengapa protein hewani disebut protein sempurna, sedangkan protein nabati disebut protein tidak sempurna?

Jawaban:

Protein hewani disebut dengan protein lengkap karena mengandung semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan oleh manusia.

Sedangkan protein nabati disebut sebagai protein tidak lengkap karna didalamnya tidak mengandung semua asam amino yang dibutuhkan manusia.

Hal ini dikarenakan struktur tubuh dan asam amino yang diperlukan hewan (hewani) sama dengan yang dibutuhkan manusia, sedangkan tumbuhan (nabati) memiliki struktur yang jauh berbeda dengan manusia sehingga hanya memerlukan beberapa asam amino tersebut.

Selain itu, protein nabati juga sedikit lebih sulit diserap dibanding dengan protein hewani.

Baca juga: Hati-hati, Protein Urine Tinggi Bisa Jadi Tanda Penyakit Ginjal

2. Apakah yang dimaksud asam amino esensial dan asam amino non esensial?

Jawaban:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X