Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UAS Biologi: Fungsi Protein

Kompas.com - 16/12/2020, 12:38 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Protein merupakan biomolekul yang berperan penting dalam kehidupan manusia. Protein terdiri dari satu atau lebih rantai panjang residu asam amino yang membuatnya menjadi salah satu molekul yang kompleks.

Peran penting protein salah satunya ada pada genetika makhluk hidup, struktur sel, dan reaksi-reaksi pada metabolisme. Namun, apa jadinya jika tubuh mengalami kekurangan protein? dan apa yang terjadi jika struktur rantai asam amino tersebut menjadi berubah?

Mari simak pembahasan nya berikut:

Soal dan Pembahasan

1. Apa yang dimaksud dengan denaturasi protein?

Jawaban:

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, denaturasi protein adalah pemutusan ikatan yang lemah dalam molekul protein sehingga mengubah struktur yang sangat teratur dalam protein dan juga menghilangkan fungsi biologisnya.

Protein dapat didenaturasi dengan cara pemanasan suhu, mengubah pH, agen denaturasi seperti urea dan guanidium klorida, serta dengan zat pengoksidasi atau pereduksi.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Denaturasi protein

Denaturasi menyebabkan struktur protein rusak, protein yang awalnya terlipat-lipat sesuai fungsinya menjadi putus ikatan hidrogennya sehingga rantai polipeptidanta terurai. Namun, denaturasi tetap tidak bisa memutus ikatan rantai polipeptida dalam protein.

Protein yang mengalami denaturasi akan kehilangan aktivitas biologisnya, membuatnya kehilangan fungsinya. Misalnya enzim yang terdenaturasi akan kehilangan fungsi katalitiknya, dan hormon yang terdenaturasi juga akan kehilangan fungsi kontrolnya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com